oleh

Gubernur Sulsel Resmikan Ruas Jalan Penghubung Tana Toraja dan Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTETAYO — Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman meresmikan ruas jalan provinsi penghubung Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara (Batupapan-Bandara Pongtiku-Batas Toraja Utara di Kabupaten Tana Toraja).

Peresmian itu berlangsung usai Rapat Paripurna Istimewah dengan agenda peringatan 65 tahun Kabupaten Tana Toraja yang dirangkaikan dengan Hari Jadi Toraja yang ke-775 di Bandara Pongtiku, Rantetayo, Rabu, 31 Agustus 2022.

Ruas merupakan jalur alternatif dari Tana Toraja ke Toraja Utara ini telah dituntaskan penanganannya (pelebaran dan pengaspalan) oleh Pemerintah Provinsi Sulsel melalui APBD sepanjang 9,1 km.

“Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan jalan penghubung kabupaten, ruas Batupapan – Bandara Pongtiku – Batas Toraja Utara yang telah kita tuntaskan penanganannya sepanjang 9,1 km,” ungkap Andi Sudirman.

Baca Juga  Terbaru Dicanangkan 42, Tana Toraja Kini Punya 82 Kampung KB

Menurut dia, selain penghubung, jalan ini menjadi akses penunjang ke daerah wisata di Toraja Utara maupun di Tana Toraja.

Andi Sudirman juga berkomitmen untuk melakukan penanganan ruas jalan provinsi lainnya di Tana Toraja. Diantaranya Ruas Jalan Mebali – Kotu yang tahun ini direncanakan dikerjakan sepanjang 6 km. Kemudian ruas Pasobbo – Matangli – Massupu – Batas Pinrang yang tahun ini menjadi fokus untuk dilanjutkan penanganannya.

“Kita harap dengan akses jalan yang baik akan memudahkan mobilisasi masyarakat yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat,” katanya.

Sementara itu, masyarakat setempat pun merasa senang dengan upaya Pemprov Sulsel menangani ruas jalan Provinsi di Toraja.

Salah seorang masyarakat, Benyamin Seru mengatakan bahwa jalan ini mulai dinikmati setelah dikerjakan oleh Pemprov Sulsel pada tahun 2021 lalu.

Baca Juga  Ahli Geoteknik dan Geofisika Unhas Sebut Getaran dan Dentuman di Lembang Patekke Bersifat Alamiah

“Ini setelah dari tahun 2021 dibangun jalan sini sudah mulai lancer. Dulu itu rusak-rusak terus tapi sekarang setelah diperbaiki perjalanan sudah lancar,” kata Benyamin. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar