Hadiri Pelantikan 57 Anggota Panwascam Tana Toraja, Zadrak Tombeg Minta Jaga Netralitas

KAREBA-TORAJA.COM, MENGKENDEK — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tana Toraja resmi melantik 57 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) bertempat di Hotel Sahid Toraja, Mengkendek 24 Mei 2024.

57 Anggota Panwascam ini akan bertugas di 19 Kecamatan dimana masing-masing kecamatan terdiri dari 3 orang anggota.

Kegiatan pelantikan panwascam dirangkaikan dengan pembekalan yang berlangsung dua hari, Jumat s/d Sabtu 24-25 Mei 2024.

Pelantikan panwascam tersebut dihadiri dan disaksikan Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq, Anggota Bawaslu Sulsel koordinator divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Syamsuar Saleh, Forkopimda Tana Toraja, Ketua, dan anggota KPU Tana Toraja.

Ketua Bawalsu Tana Toraja, Elis Bua Mangesa dalam sambutannya usai melantik 57 Panwascam menegaskan bahwa setelah dilantik, panwascam akan segera bertugas di masing-masing wilayah kecamatan.

Baca Juga  Gunakan Danah Hibah Provinsi Rp 750 Juta, Dan Pongtasik Kawal LPj Panitia Kongres ke-38 GMKI

“Tugas pertama mereka adalah melanjutkan proses rekrutmen PKD (Pengawas Keluraha/Desa) di kecamatan masing masing dimana akan melakukan test wawancara bagi calon PKD,” ujar Elis Mangesa.

Anggota Bawaslu Sulsel Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Syamsuar Saleh dalam sambutannya menekankan agar Panwascam terpilih ini betul-betul menunjukkan kinerja terbaik karena dari sekian banyaknya pendaftar calon panwascam, yang dilantik hari ini yang dianggap terbaik  dan paling layak untuk melaksanakan tugas Panwascam.

“Dengan adanya pelantikan ini menandakan kesiapan Bawaslu untuk mengawal dan mengawasi Pilkada 2024,” kata Syamsuar Saleh.

Syamsuar berharap, kekurangan pada Pemilu 2024 kemarin dapat diperbaiki dalam Pilkada ini dengan sesegera mungkin memetakan indeks kerawanan dalam Pilkada.

Baca Juga  "Upe" Maskot Pilkada Toraja Utara 2024

Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeg dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada 57 Panwascam yang baru saja dilantik.

“Selamat mengemban tugas dan jaga netralitas, pakta integritas yang telah ditandatangani harus terus dijaga, profesionalisme sebagai wasit dalam pilkada serentak ini, harus berjalan tegak lurus pada aturan yang ada,” pesan Zadrak Tombeg.

Zadrak Tombeg mengurai bahwa kita bersyukur pada Pemilu 2024 kemarin tidak terjadi huru hara di Tana Toraja, jika tidak ada huru hara itu berarti panwas bekerja dengan baik.

Zadrak Tombeg juga meminta agar panwascam terus menjaga sinergitas dengan semua stakeholder di tingkat kecamatan masing-masing, termasuk memastikan netralitas ASN, TNI, dan Polri. (*)

Baca Juga  700-an Pelayan Publik Disuntik Vaksin Covid-19 di Tana Toraja

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Komentar