oleh

1.600 Tenaga Medis di Toraja Utara Siap Divaksin Corona, Forkopimda Giliran Pertama

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kurang lebih 1.600 tenaga tenaga medis yang bekerja di rumah sakit, Puskesmas, dan layanan kesehatan masyarakat lainnya di Toraja Utara, siap divaksin Covid-19.

Tenaga medis atau pekerja kesehatan adalah kelompok masyarakat yang akan divaksin pertama, karena mereka dianggap sebagai garda terdepan dalam melawan virus Corona (Covid-19).

“Sudah disosialisasikan. Ya, sekitar 1.600-an, jumlah persisnya saya tidak ingat. Pada prinsipnya tenaga medis di Toraja Utara siap divaksin Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elisabeth Zakaria, saat ditemui di komplek perkantoran Marante, Selasa, 26 Januari 2020.

Dia mengatakan, jumlah tenaga medis yang bekerja pada berbagai fasilitas kesehatan di kabupaten Tana Toraja sebanyak 1.600 orang. Tapi sampai saat ini pihaknya belum tahu, berapa alokasi vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada Toraja Utara dan provinsi.

Baca Juga  Pemkab Toraja Utara Segera Membongkar Pertokoan Lama Rantepao

“Kami belum tahu berapa banyak tenaga medis yang akan divaksin tahap pertama. Kami masih menunggu informasi dari provinsi,” ujar Elisabeth lebih lanjut.

Dia menyebut, meski tenaga medis merupakan kelompok masyarakat yang akan menerima vaksin tahap pertama, namun pihaknya mengupayakan agar dalam launching vaksinasi di Toraja Utara, anggota Forkopimda yang akan menerimanya. Forkopimda terdiri dari Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Pengadilan Negeri.

“Setelah launching baru kita akan lakukan vaksinasi kepada tenaga medis,” urai Elisabet.

Meski begitu, sampai saat ini, kata Elisabeth, vaksin Sinovac dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan belum dikirim ke Toraja Utara. Itu sebabnya, Dinas Kesehatan belum menjadwalkan kapan vaksinasi akan dilaksanakan. (*)

Baca Juga  Ikut Arahan Satpol PP Lewat Jalur Panga, Kondektur Bus Litha Co Meninggal Tersengat Listrik

Penulis/Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya