oleh

FOTO: Pengibaran Bendera Merah Putih di Sejumlah Titik di Toraja Peringati HUT RI ke 76

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Sejumlah titik di Toraja menjadi lokasi pengibaran Bendera Merah Putih oleh sejumlah komunitas Penggiat Alam Bebas, Selasa 17 Agustus 2021. Pengibaran bendera berukuran besar ini dilakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Di Objek Wisata Religi Buntu Burake, bendera merah putih dengan panjang 76 meter lebar 2,50 meter dikibarkan oleh Gabungan Kelompok Pencinta Alam, antara lain KPA Labo, Pinix, Kalpataru, Sugesti, Sipelan, Kalambunan, serta Frusit.

Beberapa Kelompok Pencinta Alam memasang bendera Merah Putih berukuran besar di pelataran patung Yesus Memberkati di Objek Wisata Buntu Burake.

Bendera raksasa ini diarak menuju puncak Buntu Burake lalu dibentangkan tepat dibawah patung Yesus Kristus memberkati.

Baca Juga  Warga Tana Toraja Diminta Mengibarkan Bendera Merah Putih dan Umbul-umbul Selama Agustus

Selain di Burake, pengibaran Bendera Merah Putih juga dilakukan oleh sejumlah Penggiat Alam Bebas yang mengatasnamakan diri Indonesia Jaya Pencinta Alam Tana Toraja di kawasan Objek Wisata Buntu Kandora, Lembang Palipu’ Kecamatan Mengkendek.

Satu hari sebelumnya, para peserta sudah berada di kaki Objek Wisata Buntu Kandora menggelar camp dan Selasa, 17 Agustus 2021 pagi mengarak bendera ukuran 4×10 meter menuju puncak Buntu Kandora lalu menggelar upacara Bendera.

Pengibaran bendera Merah Putih di Objek Wisata Buntu Kandora, Kecamatan Mengkendek.

Kegiatan ini juga dalam rangka promosi Wisata Budaya dan Wisata Olahraga dan Wisata Alam Buntu Kandora.

Di Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, sejumlah anggota komunitas Penggiat Alam Bebas yang tergabung dalam Rock Climbing Toraja Club (RCTC) menggelar pengibaran Bendera diatas Tebing Buntu Sarira.

Baca Juga  Maknai HUT RI ke-76, Pemuda Perbatasan Salubarana', Bonggakaradeng Bagi-bagi Sembako

Pengibaran Bendera berukuran 9×12 Meter di Tebing Sarira ini digelar tepat saat memasuki peringatan detik detik Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dari Toraja Utara, tepatnya dari dalam Goa Singki’ yang berada di Ba’lele Kelurahan Mentirotiku, Kelompok Pecinta Alam Generasi Rimba Sang Petualang Indonesia (KPA Gersang Indonesia) melaksanakan upacara bendera dari dalam perut bumi.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih oleh KPA Gersang Indonesia di dalam goa Singki’, Toraja Utara.

Jemy salah satu Anggota KPA Gersang Indonesia mengatakan Peringatan HUT RI kali ini yang di laksanakan di dalam goa merupakan momen yang indah dan mungkin pertama kali di Toraja Utara.

“Alasanya adalah ini merupakan momen dan kesepakatan bersama untuk bisa mepromosikan pariwisata dalam hal penelusuran goa yang dimana Toraja Utara memiliki deretan goa yang sangat indah,” ungkap Jemy. (*)

Baca Juga  Peringati HUT RI ke-76, Polres Tana Toraja Gelar Vaksinasi Covid-19

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya