oleh

FOTO: Kenakan Pakaian Adat, Forkopimda Tana Toraja Ikuti Zoom Meeting Hari Lahir Pancasila

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Ketua DPRD Welem Sambolangi, Wakil Bupati Zadrak Tombeq, dan Kajari Tana Toraja, Erianto L Paundanan mengenakan pakaian adat Toraja saat mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2022 melalui aplikasi zoom meeting di Rumah Jabatan Bupati, Rabu, 1 Juni 2022.

Sedangkan Kapolres Tana Toraja, AKBP Juara Silalahi, Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, dan Ketua Pengadilan Negeri Makale, Rustam SH, MH mengenakan pakaian dinas.

Upacara Hari Lahir Pancasila dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo, langsung dari Lapangan Pancasila, Ende, Propinsi NTT disiarkan secara langsung melalui zoom meeting ke seluruh Indonesia.

Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia, menjadi tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini.

Baca Juga  Mapala 45 Makassar dan Beberapa Pencinta Alam Bentangkan Bendera Merah Putih Berukuran Raksasa di Buntu Burake

Tema ini bukan tidak beralasan, di saat masyarakat Indonesia telah beranjak dari masa Pandemi menuju ke endemi Covid -19, namun di saat yang bersamaan di belahan dunia yang lain justru menghadapi berbagai permasalahan peradaban, salah satunya adalah perang Rusia dan Ukrania.

Indonesia yang merupakan salah satu negara yang menjunjung tinggi perdamaian dunia, menjadikan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini sebagai momentum kebangkitan masyarakat Indonesia, bangkit dari melambatnya perekonomian akibat pandemi, bangkit dari krisis – krisis yang terjadi selama masa pandemi Covid -19.

Usai mengikuti zoom meeting, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, berharap Hari lahir Pancasila ini menjadi momentum bagi kita untuk melakukan perenungan kembali tentang betapa besar arti dan makna dari persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Baca Juga  Diblokade Warga Sejak September 2020, Objek Wisata Buntu Burake Kini Dibuka Kembali

“Karena kita sudah yakini bersama itulah yang membawa negara indonesia menjadi negara yang diperhitungkan dalam kancah dunia, saya mengajak kepada seluruh masyarakat. Mari kita jadikan Pancasila sebagai ideologi kita, guru kita, penuntun kita dalam melaksanakan aktifitas-aktifitas kemasyarakatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Theofilus.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Juara Silalahi, juga berharap agar momentum Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dijadikan landasan untuk mengingat kembali cita-cita pendirian bangsa Indonesia.

“Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tahun, itu untuk mengingatkan kembali kepada kita semua tentang cita-cita dari pendirian bangsa ini, cita-cita luhur dari para pahlawan kita, yaitu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur, dan di saat ini berbagai cara positif yang dapat dilakukan sebagai penjabaran dari cita-cita bangsa kita ini, salah satunya adalah menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif sebagai syarat penting untuk menumbuhkan kembalil ekonomi masyarakat, karena situasi yang nyaman dan aman akan menggairahkan kembali roda perekonomian masyarakat yang selama 2 tahun terakhir dihantam oleh Pandemi Covid -19, ayo kita bangkit kembali menyongsong masyarakat yang adil dan makmur,” harap AKBP Juara Silalahi. (*)

Baca Juga  13 Dosen dan Pegawai IAKN Toraja Dikabarkan Positif Covid-19

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar