oleh

FOTO: Hasil Karya Siswa SMKN 4 Tana Toraja di Pameran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

KAREBA-TORAJA.COM, JAKARTA — SMK Negeri 4 Tana Toraja menjadi salah satu SMK Produktif dari 30 SMK di Indonesia yang diikutkan sebagai peserta Pameran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Pameran diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu dilaksanakan di Galeri Nasional Indonesia Jakarta, 11-13 Desember 2020.

Sebelum mengikuti pameran ini, SMKN 4 Tana Toraja juga sudah melaksanakan Program Pembuatan 5000 masker Merah Putih dari Dirjen Pendidikan Vokasi SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kepala SMK Negeri 4 Tana Toraja, Berthyna Adherline Tukkeng, menjelaskan pada ajang pameran tingkat nasional ini, Dirjen Pendidikan Vokasi mengundang 30 SMK, 2 LKP, 1 PKBM, 1 PT se-Indonesia. Sulawesi Selatan sendiri mengirim perwakilan 5 SMK unggulan, dan dari Kabupaten Tana Toraja diwakili oleh SMK Negeri 4 Tana Toraja.

“Pameran yang menampilkan karya-karya unggulan memiliki tiga kategori yang menampilkan makanan dan minuman, busana dan ketrampilan tangan, serta teknologi,” terang Berthyna, Selasa, 15 Desember 2020.

Berthyna menjelaskan, pada pameran ini SMKN 4 Tana Toraja ikut pada kategori Busana dan Kerajinan Tangan dengan menampilkan produk unggulannya Sarung Bantal Sofa, Tas Bahu, Kantong Surat, Masker, yang kesemuanya berbahan baku kain batik etnik Toraja atau yang biasa dikenal dengan Sarita. Tak ketinggalan produk unggulan Tana Toraja, yaitu Kopi Toraja dengan brand Kopi Toraja Palesan.

“Kegiatan pameran yang bertajuk Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini adalah wadah untuk mendorong pertumbuhan 2 juta UMKM dari produk-produk lokal Indonesia agar Program Digitalisasi bagi Produk UMKM bisa terwujud sehingga produk tersebut mencapai target pasar yang lebih luas lagi yang merupakan salah satu target pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Berthyna.

Produk UMKM Milenial dari SMKN 4 Tana Toraja yang diproduksi oleh Jurusan Tata Busana yang dikawal langsung oleh Kepala UPT SMKN 4 Tana Toraja, Berthyna Adherline Tukkeng, S.Pd. Produk-produk yang dipamerkan sangat digemari oleh beberapa kalangan yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut, terutama oleh artis Baim Wong dan Dirjen Vokasi SMK yang sempat membeli produk SMKN 4 Tana Toraja berupa sarung bantal sofa. Dengan Keunikan motif yang ada membuat mata pengunjung di Stand SMKN 4 Tana Toraja dibanjiri pengujung.

“Ini merupakan suatu kebanggan bagi Keluarga Besar SMKN 4 Tana Toraja, mampu tampil dalam ajang Nasional dengan membawa produk-produk Tana Toraja sehingga produk lokal dari Toraja dapat dikenal seantero Indonesia,” ujar Berthyna.

Pada sambutannya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim atau biasa dikenal dengan sebutan Mas Menteri mengutarakan bahwa kegiatan seperti diharapkan mampu memberi dorongan kuat bagi pemulihan Ekonomi Indonesia pasca Pandemi sehingga mendorong para Lulusan SMK untuk memiliki mental Wirausaha melalui UMKM serta mampu memproduksi produk-produk berkualitas yang mampu menembus pasar digitalisasi. Dengan dorongan dan pendampingan berbagai pihak baik itu Kementrian Terkait, BUMN dan Penggerak UMKM di seluruh Indonesia sehingga produk SMK berbasis UMKM diseluruh Indonesia dapat bersaing dengan produk dari luar. (*)

Penulis: Desianti/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya