oleh

FOTO: Begini Ramainya Pasar Malam di Rest Area Bua Tallulolo, Toraja Utara

Tidak hanya viral di media sosial, Pasar Malam Bua Tallulolo juga ramai dikunjungi warga. Lebih ramai dari saat masih di Bolu.

KAREBA-TORAJA.COM, KESU’ — Sabtu, 22 Mai 2021, pukul 22.15 Wita. Ratusan warga berdatangan ke Pasar Malam Toraja Utara yang kini menempati rest area di Lembang Bua Tallulolo, Kecamatan Kesu’. Di dalam pasar, puluhan mobil pick up (yang rata-rata berasal dari luar Toraja) berjejer dengan muatan penuh sayur mayur, buah-buahan, serta kebutuhan pokok lainnya.

Ratusan pedagang juga menggelar dagangan di bawah tenda warna-warni yang dipasang untuk melindungi dari embun malam, juga hujan. Beberapa tenda juga menyediakan makanan dan minuman hangat, kopi dan sarabha.

Baca Juga  Selain Upacara Adat, Karaoke dan Rumah Bernyanyi di Toraja Utara Juga Dilarang Buka Selama Februari

Di luar pasar, banyak kendaraan berbagai jenis yang diparkir di sisi kiri maupun kanan jalan. Puluhan sepeda motor dengan keranjang menggantung di sadelnya, juga berjejer. Sepeda motor ini milik para pedagang sayur keliling, yang menjajakan dagangan mereka hingga ke kampung-kampung.

Kesan yang terlihat, ramai. Aktivitas jual beli pun sangat tinggi di tempat ini.

“Baru pertama kali datang. Ya, beli kebutuhan dapur. Senang saja,” ungkap Serty, warga Angin-Angin.

Melda, seorang gadis. Mengaku datang dengan tiga rekannya. Selain belanja, mereka juga menghabiskan malam minggu di tempat ini. “Sekalian malam minggu,” katanya sambil tertawa, kemudian berlalu.

Sudah Seminggu Pindah

Pasar Malam yang selama ini berlangsung di Terminal Bolu, Kecamatan Tallunglipu, kini dipindahkan ke Rest Area di Bua Tallulolo, Kecamatan Kesu’, Toraja Utara. Pasar Malam itu pindah sejak Selasa, 18 Mei 2021.

Baca Juga  Dalam Dua Hari, 66 Pasien Covid-19 di Toraja Utara Dinyatakan Sembuh

Lokasi yang digunakan sebagai Pasar Malam itu adalah Rest Area yang dibangun pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Jalan Poros Rantepao-Makale, dekat BRI Unit Bua, Lembang Bua Tallulolo, Kecamatan Kesu’.

Atto Matandung, Kepala Dinas Perdagangan Toraja Utara, mengatakan jam operasi Pasar Malam di Rest Area Bua Tallulolo ini mulai pukul 21.00 Wita hingga 05.00 Wita atau dari jam 9 malam hingga jam 5 subuh.

“Berdasarkan SK Pak Bupati, jam operasional Pasar Malam dimulai jam 9 malam dan berakhir jam 5 subuh. Pada jam 5 subuh semua operasional di Pasar Malam dihentikan,” jelas Atto.

Dia mengatakan, Pasar Malam ini dibuka untuk umum, terutama bagi pedagang sayur mayur dari luar Toraja dan para pedagang di Pasar Pagi dan Pasar Bolu. Juga dibuka untuk masyarakat yang mau membeli barang untuk dijual lagi di Pasar Rakyat.

Baca Juga  Percepat Pencairan Gaji 13 ASN Toraja Utara dan Tana Toraja, KPPN Makale Buka Layanan Hari Sabtu dan Minggu

Selain mengakomodir para pedagang yang selama ini berjualan di Pasar Malam Bolu, pemerintah juga memberikan ruang kepada para pedagang kuliner subuh yang selama ini berjualan di pertokoan lama Rantepao.

“Pedagang kuliner di Pasar Malam Bolu juga kami beri kesempatan,” lanjut Atto.

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya