oleh

FORMAT Minta OmBas-Dedy Serius Tangani Pandemi Covid-19 di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pengurus dan sejumlah anggota Forum Mahasiswa Toraja (FORMAT) Makassar mendatangi kantor bupati Toraja Utara, Jumat, 23 Juli 2021.

Mereka datang untuk berdialog dan mendorong beberapa program sebagai langka awal dalam mengawal pembangunan di Kabupaten Toraja Utara, yang saat ini dipimpin oleh Yohanis Bassang (OmBas) dan Frederik Victor Palimbong (Dedy).

Para aktivias FORMAT ini diterima oleh Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong.

Dalam dialog dengan Wakil Bupati, pengurus FORMAT meminta pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk serius dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona serta menanggulangi dampak dari pandemi tersebut.

Berikut, mereka meminta agar OmBas-Dedy segera menginventarisasi serta mengumumkan secara transparan terkait asset daerah. Kemudian, mewujudkan penyelenggara pemerintah yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Baca Juga  Ingin Pariwisata Toraja Utara Lebih Maju, Diaspora Toraja di Belanda Dukung OmBas-Dedi

“Kami juga meminta pemerintah mengedepankan tranparansi dan partisipatif yang setara dalam setiap agenda kebijakan pembangunan dan penegelolaan anggaran,” tegas pengurus FORMAT.

Poin berikutnya adalah mewujukan pelayanan publik yang bermutu, keadilan pembangunan, keadilan pendidikan, dan keadilan dalam pelayanan kesehatan. Lalu, mencabut seluruh izin pertambangan yang sudah terbit dan tidak memberikan ruang terhadap industri pertambangan. Menhhetikan aktivitas pembangunan PLTMH Ma’dong oleh PT.Nagata Dinamika karena tidak memiliki dokumen lingkungan hidup dan izin lingkungan serta bertentangan Rencana Tataruang Wilayah ( RTRW) Kabupaten Toraja Utara.

“Kehadiran kami dalam dialog ini adalah sebagai warning dan perhatian khusus kepada pemerintah kabupaten Toraja Utara untuk betul-betul serius dan berkomitmen serta konsistensi mengarahkan kebijakan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat adil dan makmur serta langkah awal dalam mengawal pembangunan di daerah kab. Toraja Utara di bawah pemerintahan Ombas – Dedi,” ungkap Heriadi, Ketua Umum Format.

Baca Juga  Mulai Juli, Upah Tenaga Honorer di Toraja Utara Dinaikkan Menjadi Rp 1 Juta

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong dalam dialog tersebut mengungkapkan bahwa pemerintah Toraja Utara komitmen dan konsisten dalam menjalankan ekonomi berkelanjutan dan tidak membuka ruang sedikit pun terhadap indutri pertambangan dan semangat pemberantasan korupsi serta pelayanan publik yang berkeadilan dan mengedapankan asas transparansi. (*)

Penulis: Abdul Munir
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya