oleh

Divasilitasi ESR, Toraja Utara Dapat Bantuan Gedung Perpustakaan Moderen

“Kita harus berterima kasih kepada Bu Eva (Eva Stefany Rataba/ESR), yang telah memfasilitasi. Itu pas di komisinya Bu Eva, Komisi X (DPR RI). Gedung Perpustakaan ini akan kita bangun di samping gedung Art Centre.”

— Frederik Victor Palimbong, Wakil Bupati Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara mendapat bantuan pembangunan gedung perpustakaan modern sebesar Rp 10 miliar dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional.

Dana sebesar ini akan digunakan untuk membangun gedung perpustakaan moderen yang berlokasi di samping gedung Art Centre Rantepao.

“Nanti kita akan bangun di samping gedung Art Centre. Lokasinya sudah kita lihat dan cukup memadai,” ungkap Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Senin, 4 April 2022.

Baca Juga  29 ASN Ikut Lelang Jabatan, Perebutkan 14 Jabatan Kadis di Toraja Utara

BACA: Perpustakaan RI Bantu Dana Rp 10 Miliar untuk Bangun Perpustakaan Moderen di Tana Toraja

Lokasi Art Centre dipilih karena selain memungkinkan dari sisi luasan, juga berada di pusat kota sehingga memudahkan akses masyarakat untuk menjangkau perpustakaan tersebut.

Frederik menyebut, bantuan gedung perpustakaan moderen ini diberikan oleh Perpustakaan Nasional yang difasilitasi oleh anggota Komisi X DPR RI asal Toraja, Eva Stevany Rataba.

“Pembangunannya akan kita mulai awal tahun ini,” katanya.

Frederik mengatakan bahwa keberadaan perpustakaan moderen, yang akan dilengkapi dengan buku-buku serta fasilitas digital sangat penting artinya bagi masyarakat Toraja Utara untuk meningkatkan literasi.

BACA: Tana Toraja Bakal Miliki Gedung Perpustakaan Modern, Energi Baru Pertumbuhan Budaya Literasi

Baca Juga  Catat, Ini Kawasan Wajib Retribusi Parkir di Kota Rantepao dan Pasar Bolu

Kemudian, dia berharap, keberadaan perpustakaan ini bisa meningkat minat baca, juga mempopulerkan industri pariwisata Toraja Utara.

“Selain mencari informasi, kita juga terus mengembangkan perpustakaan digital dan memanfaatkan perpustakaan mobile untuk menambah wawasan,” kata Frederik.

Untuk diketahui, bantuan yang sama juga diperoleh pemerintah Kabupaten Tana Toraja tahun 2021. Pembangunan gedung perpustakaan di Tana Toraja itu sudah selesai dan saat ini sudah digunakan. Gedung megah itu berdiri di jalan poros Kota Makale, yakni Jalan Nusantara. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya