oleh

Dandim 1414 Tana Toraja Salurkan Bantuan kepada Korban Longsor di Sanggalangi

KAREBA-TORAJA.COM, SANGGALANGI — Pasca longsor yang menyeret satu unit rumah di Lingkungan Pune’, Kelurahan Papaelean, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara, Komandan Kodim 1414 Tana Toraja, menyerahkan bantuan bahan pangan kepada korban.

Penyaluran bantuan ini dilakukan Komandan Kodim 1414 Tana Toraja, Letkol. Czi, Zaenal Arifin, Jumat, 5 Maret 2021.

“Kami turut berduka atas peristiwa ini. Kiranya keluarga ditabahkan, kiranya apa yang diberikan dapat meringankan beban korban longsor,” ungkap Letkol Zaenal Arifin.

Selain memberikan bantuan sembako, pihak Personil Kodim 1414 Tana Toraja juga melakukan evakuasi sejumlah pohon yang tumbang akibat longsor yang menyebabkan satu unit rumah milik keluarga Tapan, rusak.

Diberitakan sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur wilayah Toraja Utara pada Rabu, 3 Maret 2021 dari sore hingga malam menyebabkan musibah tanah longsor di Kelurahan Pa’paelean, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara.

Baca Juga  Percepat Vaksinasi, Dinkes Toraja Utara Sebar 1.130 Vial Sinovac dan 210 Vial Moderna ke Puskesmas

Sebuah rumah milik warga di Mengkepe/Pune, La’bo’, Kelurahan Pa’paelean, Kecamatan Sanggalangi, terperosok ke dalam jurang akibat tanah dimana rumah itu berdiri, longsor.

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Tim Tagana dan Dinas Sosial yang mendengar informasi adanya musibah tersebut, langsung menyalurkan bantuan tanggap darurat pada Kamis, 4 Maret 2021.

Berdasarkan data yang dihimpun Tim Tagana Toraja Utara, rumah yang terperosok ke dalam jurang itu milik Tappan. Rumah ini dihuni oleh Tappan sekeluarga dengan jumlah anggota keluarga lima orang.

Keterangan warga, sebelum longsor terjadi, hujan lebat dan angin kencang melanda daerah itu. Sekitar pukul 21.00 Wita, penguhuni rumah mengungsi ke tetangga karena tanah mulai bergerak. Dan pada sekitar pukul 03.00 Wita, Kamis, 4 Maret 2021 dini hari, rumah yang ditempati Tappan sekeluarga itu benar-benar bergerak dan terperosok ke dalam jurang hingga ke tepi sawah. (*)

Baca Juga  Satpol PP Toraja Utara Mulai Kempeskan Ban Kendaraan yang Parkir di Trotoar

Penulis: Desianti/JT
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya