oleh

Akan Dibongkar, Sejumlah Kantor Pemerintahan di Art Centre Rantepao Sudah Dikosongkan

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Bangunan di Art Centre dan Pasar Sore sekitarnya, yang sedianya mulai dibongkar pemerintah sejak Jumat, 19 Agustus 2022, tertunda.

Namun, sejumlah kantor pemerintahan dan organisasi yang menggunakan gedung di area Art Centre sudah pindah.

Pantauan kareba-toraja.com, Kamis, 19 Agustus 2022 sore, barang-barang yang ada dalam beberapa kantor pemerintah sudah tidak terlihat. Di Kantor Kecamatan Rantepao misalnya, tidak terlihat lagi aktivitas perkantoran. Barang-barang di kantor tersebut pun sudah diangkut oleh para pegawai. Di pintu kantor tertulis keterangan, “Kantor Kecamatan Rantepao Pindah ke Kelurahan Laang Tanduk, Jalan Poros Singki’ – Alang-alang.

Kantor lainnya yang sudah kosong adalah Kantor Kelurahan Penanian. Belum diperoleh informasi dimana aktivitas kantor ini dipindahkan.

Baca Juga  Lagi, Kodim 1414 Tana Toraja Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Ribuan Warga Toraja Utara

Gedung lain yang sudah kosong adalah Kantor TP PKK Kabupaten Toraja Utara dan Dekranasda Toraja Utara, yang letaknya di samping perpustakaan daerah. Namun Kantor Perpustakaan Daerah itu sendiri masih ada aktivitas dan belum pindah.

Gedung lain yang sudah dikosongkan terletak di samping kanan Art Centre, yang selama ini dipinjamkan kepada KNPI, Karang Taruna, DMO Pariwisata, dan PWI. Diantara ruangan yang digunakan, beberapa diantaranya sudah dikosongkan.

Beberapa lapak atau kios di Pasar Sore Rantepao, juga sudah dikosongkan secara sukarela oleh pedagang.

Dibangun Alun-alun Kota

Menurut rencana, pemerintah Kabupaten Toraja Utara akan merobohkan bangunan dan lapak-lapak pedagang di sekitar Art Centre dan Pasar Sore Rantepao. Lokasi ini akan dibangun Alun-alun Kota Rantepao dan Gedung Perpustakaan Moderen.

Baca Juga  Granat Aktif yang Ditemukan di Tallunglipu Dimusnahkan Tim Gegana Polda Sulsel

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Toraja Utara, Rianto Jusuf, saat menyampaikan surat peringatan ketiga, meminta agar para pedagang dengan sukarela membongkar sendiri bangunan serta memindahkan barang-barang dagangannya.

Rianto menyebut, kantor pemerintahan yang ada di Art Centre sudah memberi contoh untuk pindah. Sehingga para pedagang pun diharapkan demikian. (*)’

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar