Wisuda Sarjana 962 Mahasiswa, Rektor Sampaikan Sejumlah Capaian UKI Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Universitas Kristen Indonesia Toraja (UKI Toraja) menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023, Rabu, 19 April 2023.

Wisuda Sarjana UKI Toraja yang diikuti oleh 962 Wisudawan ini digelar di Aula Kampus 1 UKI Toraja depan Plaza Kolam Makale Tana Toraja.

Rektor UKI Toraja, Dr. Oktavianus Pasoloran, S.E., M.Si., Ak. CA dalam laporannya mengawali pelaksanaan Rapat Senat Terbuka menyampaikan sejumlaj capai yang diraih UKI Toraja dalam kurun waktu 2022/2023.

Dr. Oktavianus Pasoloran mengatakan jumlah wisudawan sebanyak 962 ini naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan wisudawan semester ganji sebelumnya. “Hal ini terjadi karena adanya kebijakan mempercepat masa studi mahasiswa,” katanya.

Dr. Oktavianus Pasoloran menyampaikan selamat dan rasa bangga atas wisuda 962 wisudawan dan mendapatkan gelar akademik sebagai pengakuan terhadap kompetensi baru yang telah diraih.

“Para wisudawan mengemban tanggung jawab dalam memberikan sumbangsih kepada masyarakat. Juga selamat kepada orangtua dan keluarga yang hari ini bisa menyaksikan hasil dari jeri payah dan jeri lelah selama ini,” kata Oktavianus.

Baca Juga  Jumlah Kerbau “Tanda” yang Terinfeksi PMK di Tana Toraja Bertambah

“Dalam menghadapi transformasi perguruan tinggi kita dituntut untuk terus meningkatkan berprestasi pada mutu penyelenggaraan dan  pengelolaan pendidikan,” ujarnya lebih lanjut.

Dia menyampaikan beberapa capaian yang diraih UKI Toraja dalam kurun waktu 2022-2023, diantaranya SK Pembukaan Program Studi Pariwisata sebagai tanggung jawab UKI Toraja dalam peningkatan pariwisata Toraja.

“UKI Toraja juga saat ini sedang menunggu SK untuk pembukaan program studi vokasi Perkebunan Kopi,” katanya.

Di bidang akademik, saat ini sedang dilakukan persiapan akreditasi beberapa program studi dari lembaga akreditasi. Juga beberapa program sementara diselesaikan untuk program Merdeka Belajar Kampus merdeka.

“Pada bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, UKI Toraja telah mendapatkan kenaikan klasterisasi dari klaster binaan ke madia yang berarti dosen UKI Toraja memiliki kesempatan berkompetisi pada program hibah berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh Kemenristek Dikti,” urai Dr. Oktavianus.

Pada bidang publikasi, UKI Toraja berhasil meningkatkan skor SINTA (Science and Technology Index) yang merupakan indeksasi yang dibuat oleh Kemdikbud untuk melakukan pemeringkatan Universitas dan dosen  Pemeringkatan SINTA berdasarkan berbagai aspek diantaranya adalah publikasi, penelitian, pengabdian masyarakat, IPR (hak cipta), buku dan network.

Baca Juga  Ini Penyebab Kelangkaan Solar di Toraja

“UKI Toraja juga telah terindeks pada Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) dan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) untuk penerbitan buku sebagai upaya mendorong dosen mempublikasikan pemikiran melalui penerbitan,” ujarnya.

Di bidang kerjasama, UKI Toraja terus membangun kolaborasi dengan berbagai stakeholder baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pada bidang kemahasiswaan, UKI Toraja juga berhasil meraih anugrah LLDIKTI Wil IX sebagai terbaik 2 Perguruan tinggi dengan kinerja kemahasiswaan terbaik dan tema terbaik pada the best edukation dan teknologi expo LLDIKTI beberapa waktu lalu.

Pada bidang pengembangan SDM, sedang dilakukan percepatan peningkatan pengurusan jabatan dengan pengusulan tenaga pengajar menjadi asisten ahli sebanyak 6 orang, asisten ahli ke Lektor 61 orang, lektor ke lektor kepala 10 orang dan dari lektor kepala ke guru besar/Profesor 4 orang.

Baca Juga  8 Lembang Gelar Pemilihan Kepala Lembang Serentak, Ini Pemenangnya

“Selama semester ganji 2022/2023 sebanyak 14 dosen menyelesaikan studi Doktor (S3). Merdeka ini sudah ikut berjeripaya untuk memperkuat SDM kelembagaan UKI Toraja ke depan,” ungkap Dr. Oktavianus.

Semua ini bisa diraih karena kerjasama yang baik, serta kepemimpinan kolektif kolegial yang bertanggungjawab dan dedikasi dari seluruh jajaran UKI Toraja.

Dr. Oktavianus Pasoloran menyampaikan selamat berbahagia kepada seluruh wisudawan dan keluarga, selamat berjuang dan mengabdikan ilmu kepada masyarakat semoga Tuhan senantiasa menuntun dan menerangi jalan serta meraih sukses dan masa depan gemilang memberi sumbangsih kepada masyarakat kepada Gereja, Toraja dan bangsa dan negara.

“Terimakasih telah mempercayakan putra putri kepada kami untuk menempuh pendidikan di UKi Toraja, juga kepada LLDIKTI Wilh IX yang senantiasa memberikan bimbingan dan arahan, terimakasih kepada Pemerintah, Gereja dan seluruh Organ Yayasan Perguruan tinggi Kristen Makale, kepada dosen dan Tenaga kependidikan dan seluruh alumni,” pungkasnya. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar