oleh

Wakil Menteri Perdagangan Buka Raķernas XI PMKRI di Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Jerry Sambuaga membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XI Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), yang dipusatkan di Makale, Kabupaten Tana Toraja, Senin, 23 Januari 2023.

Rakernas XI PMKRI Sanctus Thomas Aquinas berlangsung dari tanggal 22-28 Januari 2023 dengan tema Peran Generasi Muda Menyongsong Indonesia emas 2045.

Pembukaan Rakernas XI PMKRI yang dilaksanakan di Gedung Tammuan Mali’ Makale ini dihadiri Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, Walikota Pare-Pare Taufan Pawe, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sulsel, Amson Padolo, anggota DPRD Sulsel, John Rende Mangontan, dan beberapa pejabat lainnya.

Baca Juga  Restu Tangaka Terpilih Ketua KNPI Tana Toraja, Periode 2022-2025

Hadir pula sejumlah tokoh dan senior PMKRI, termasuk mantan Ketua PP PMKRI, Benidiktus Papa, dan sejumlah pengurus OKP.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga dalam sambutannya mengatakan kunjungan kali ini adalah kedua kalinya ke Toraja. “Sebenarnya saya baru pulang dari luar negeri, namun karena kerinduan akan Toraja sehingga menyempatkan diri untuk menghadiri kegiatan Rakernas yang merupakan momen sepesial,” kata Jerry.

Dikatakan Jerry, bahwa pada tahun 2022 lalu, Indonesia mengalami surplus dimana export lebih tinggi daripada import. Dan hal ini pertama terjadi sejak Indonesia merdeka. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak lagi mengekspor bahan mentah tetapi barang yang sudah diolah, sehingga negara-negara Uni Eropa menggugat tetapi Indonesia bertahan dan melawan karena Indonesia punya hak penuh dan memiliki kedualatan untuk menentukan apa yang akan diekspor.

Baca Juga  Perolehan Suara 2 Calon Sama, Penyelesaian Hasil Pilkalem Gandangbatu, Rumit

Untuk itu, Jerry mengajak generasi muda agar lebih mencintai produk Indonesia. Bahkan dirinya menunjukkan bahwa semua yang digunakan, mulai dari baju, jam tangan, hingga sepatu adalah produk Indonesia.

“Selamat melaksanakan Rakernas untuk PMKRI. Pesan saya, selalu bersyukur kepada Tuhan. Dan diera globalisasi agar generasi muda harus kompetatif, bersaing dengan semakin yang sehat, bersyukur kepada Tuhan serta memanfaatkan jejaring yang dimiliki. Sekali lagi, selamat menjalankan Rakornas bagi adik-adik PMKRI, semoga menghasilkan hal-hal positif untuk bangsa dan Negara,” tutur Jerry.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung dalam kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada wamen perdagangan di Toraja untuk kedua kalinya dan juga kepada semua pengurus PMKRI dan delegasi PMKRI dari seluruh Indonesia.

Baca Juga  Prof. Kathleen Admas dan Keiko Kusakabe Bantu APD Covid-19 untuk Tenaga Medis di Toraja

Dikatakan Theofilus bahwa kegiatan berskala nasional juga sudah dilaksanakan tahun lalu di Tana Toraja, yakni Musyawarah Nasional  Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

“Momen-momen besar seperti ini patut disyukuri bahwa Toraja merupakan destinasti wisata yang patut diperhitungkan di kancah nasional bahkan international,” kata Theofilus. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar