Vakum, Sejumlah Klub Sepak Bola di Tana Toraja Desak Askab PSSI Gelar Kongres

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Sejumlah Klub Sepak Bola dibawah naungan Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) segera menggelar Kongres.

Desakan ini muncul karena melihat kondisi persepakbolaan di Tana Toraja saat ini yang terkatung-katung dan tidak jelas.

Sejak berakhirnya kepengurusan Askab Tana Toraja periode 2015-2019 dibawah kepemimpinan Meyer Dengen lalu dilanjutkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Herianto, aktivitas sepakbola di Tana Toraja tidak berjalan alias vakum.

 

Padahal, sejak dijabat Meyer Dengen selama dua periode, persepakbolaan di Tana Toraja begitu bergairah.

Askab PSSI Tana Toraja rutin menggelar kompetisi mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA termasuk menggelar Liga PSSI yang diikuti klub-klub sepakbola yang ada di Tana Toraja.

Termasuk rutin ikut Liga 3 (dulu Divisi 3) dan Pra Porda dimana pemain yang masuk dalam tim Liga 3 maupun tim Pra Porda diseleksi dari Kompetisi SMA dan Liga PSSI.

Baca Juga  Pemda Toraja Utara Sumbang Rp 1 Miliar untuk Pelaksanaan SSA XXV Gereja Toraja

Namun sejak dinahkodai Pelaksana Tugas sesuai SK Penunjukan Herianto sejak 5 Februari 2021 yang ditandatangani Ketua Asprov Sulsel saat itu, Andi Erwin Hatta Solulipu, sepak bola di Tana Toraja mulai vakum.

Herianto bahkan dinilai tidak berbuat apa-apa untuk persepakbolaan di Tana Toraja, termasuk upaya untuk melaksanakan Kongres PSSI Tana Toraja. Padahal dalam SK dengan nomor SKEP/25/ASPROV-PSSI/SS/II/2021 tersebut salah satu poinnya adalah melaksanakan Kongres sesegera mungkin. Namun sejauh ini belum ada tanda-tanda akan dilaksanakannya kongres.

Kondisi ini membuat sejumlah Klub Sepak Bola di Tana Toraja angkat bicara

Surya, Manajer Banga Putra salah satu klub peserta Liga PSSI Tana Toraja mengharapkan kepengurusan baru Askab PSSI Tana Toraja segera terbentuk sehingga sepakbola di daerah ini ada yang urus.

Baca Juga  Seleksi Guru PPPK Toraja Utara; Hanya 36 Orang yang Lolos Passing Grade dari 1.180 Peserta Seleksi

Ia juga menyayangkan penunjukan Harianto sebagai PLT Ketua Askab yang sejauh ini tidak berkontribusi apa-apa buat pesepakbolaan di Tana Toraja. Apalagi penunjukannya sudah sejak 2021 atau sudah berjalan 2 tahun 8 buan

Sementara itu, Alfred selaku Manager Twins FC menyebut SK penunjukan Harianto sebagai Ketua Plt. itu sudah kadaluarsa karena sudah lebih dari 6 bulan.

“Seharusnya Ketua Asprov PSSI Sulsel menunjuk salah satu putra daerah sebagai Plt yang baru sehingga Kongres PSSI Tana Toraja dapat dilaksanakan secepat mungkin,” kata Alfred

Manager Klub PPGT Kambiolangi’ Pa’gasingan, Sarto juga menginginkan pengurus Askab PSSI Tana Toraja segera terbentuk.

Sarto mendesak Ketua Asprov PSSI Sulsel  untuk segera mengambil langkah-langkah strategis agar kongres untuk memilih pengurus baru dapat dilaksanakan.

“Kami harap Ketua Asprov PSSI Sulsel segera menunjuk Plt. Ketua yang baru sehingga kongres Askab PSSI Tana Toraja dapat segera dilaksanakan,” harap Sarto.

Baca Juga  Tanah Longsor, Jalan Poros Salu-Dende’ Tertutup Total

Sementara itu, Plt. Ketua Askab PSSI Tana Toraja Herianto yang dikonfirmasi mengakui kondisi yang ada sekarang.

Herianto mengatakan dirinya bersama pengurus lainnya saat ini memang sedang mengupayakan pelaksanaan Kongres agar segera terbentuk pengurus yang definitif.

Herianto menjelaskan saat ini pihaknya sedang melakukan verifikasi terhadap Klub-klub sepak bola yang ada di Tana Toraja yang akan menjadi pemilik suara dalam Kongres nantinya.

“Saat ini kita tahap verifikasi klub karena kondisi kita di Tana Toraja banyak klub yang tidak memiliki pengurus dan sekretariat yang jelas sehingga sesuai aturan ini harus dilakukan verifikasi,” kata Herianto.

“Nantinya jika verifikasi ini sudah dilakukan, kita akan segera gelar Kongres,” tutup Herianto. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar