Tim Yubileum 85 Tahun BPKT Keliling Toraja Bakti Sosial Kesehatan

KAREBA-TORAJA.COM, SESEAN — Tim medis yang tergabung dalam Panitia Yubileum 85 Tahun Baptis Pertama Katolik di Toraja (BPKT) terus berkeliling dari satu lokasi ke lokasi yang lain untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Setelah diawali di Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria Makale, pada 8 Januari 2023, Tim terus bergerak ke utara, tepatnya di Paroki Santo Petrus Pangli dan Paroki Renya Rosari Deri; keduanya di Kecamatan Sesean.

Dalam bakti sosial ini, banyak jenis layanan yang diberikan tim dokter dan tenaga kesehatan kepada masyarakat dan umat setempat. Diantaranya pelayanan kesehatan umum, donor darah, gizi, kebidanan, THT, Sirkumsisi, dan lain-lain, termasuk sunat.

Pada pelayanan di Paroki Renya Rosari Deri dan Paroki Santo Petrus Pangli, terdapat 135 anak yang disunat.

Baca Juga  Deputi Penanganan Darurat BNPB Tinjau Lokasi dan Temui Korban Longsor di Tana Toraja

Kemudian, pelayanan donor darah dilakukan panitia bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Lakipadada. Puluhan kantor darah berhasil dikumpulkan dalam aksi donor darah di dua lokasi ini.

Ketua Panitia Yubileum 85 Tahun Baptis Pertama Katolik di Toraja (BPKT), RD Vius Octavianus, menyatakan bakti sosial kesehatan ini akan terus dilakukan di seluruh wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara hingga acara puncak Yubileum BPKT pada September 2023 mendatang.

Bakti sosial kesehatan, kata RD Vius Octavianus, dilakukan Tim Medis Kevikepan Toraja bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, termasuk pemerintah daerah Tana Toraja serta Toraja Utara.

“Tujuannya adalah untuk memberikan layanan kesehatan kepada umat yang membutuhkan. Kita juga berpartisipasi dalam menyumbah stok darah untuk UTD Lakipadada, yang selama ini menjadi tempat bagi masyarakat kita mencari darah ketika dibutuhkan,” terang RD Vius Octavianus.

Baca Juga  Perayaan Natal Pemuda Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Jayawijaya Dikemas dalam Drama Musikal

BERITA TERKAIT: Tahun Ini, Gereja Katolik Rayakan 85 Tahun Baptis Pertama di Toraja, Puncaknya Bulan September

Diuraikan RD Vius Octavianus, selain bakti sosial kesehatan, terdapat banyak kegiatan sosial lainnya dalam rangkaian peringatan Yubileum 85 Tahun Baptis Pertama Katolik di Toraja (BPKT). Rangkaian kegiatan peringatan Yubileum 85 tahun baptis Katolik Pertama di Toraja dimulai sejak Januari hingga Desember 2023. Selama satu tahun itu, ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh umat Katolik Toraja di semua Paroki yang ada di Kevikepan Toraja.

“Setelah peletakan batu pertama Gedung Kevikepan akan dilanjutkan dengan Vesper Agung dan Te Deum di Paroki Makale tanggal 4 Januari. Setelah itu kita akan lakukan kegiatan bakti sosial, pameran UMKM, seminar ekonomi kreatif, KAMS Youth Day, seminar pendidikan kurikulum merdeka, retret nasional pemuda, dan lain-lain,” terang RD Octavianus.

Baca Juga  Gedung Bekas Terminal Bandara Pongtiku Bakal Dijadikan Tempat Karantina Pasien Covid-19

Dia menyebut, puncak perayaan Yubileum 85 tahun baptis Katolik Pertama di Toraja akan dilaksanakan di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara pada 16 September 2023.

Pada acara puncak ini, beberapa Uskup dari luar Keuskupan Agung Makassar dijadwalkan hadir. Juga Duta Besar Vatikan untuk Indonesia. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar