oleh

Tiba di Jayapura, Jenazah Gabriella Meilani Disambut dan Diarak Ribuan Warga Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, JAYAPURA — Jenazah Gabriella Meilani, tenaga kesehatan yang meninggal dunia akibat kebrutalan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiriwok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin, 13 September 2021, berhasil dievakuasi ke Jayapura, Selasa, 21 September 2021.

Jenazah tenaga kesehatan blasteran Jawa-Toraja ini dievakuasi menggunakan helikopter milik TNI AD dan tiba di Markas Kodam Polimak Jayapura, sekitar pukul pukul 12 45 WIT.

Bersama jenazah Meilani juga terdapat jenazah seorang prajurit TNI yang gugur saat proses evakuasi jenazah Suster Gabriella dilakukan. Prajurit gugur saat KKB menembaki prajurit TNI yang sedang mengamankan heli yang akan digunakan mengevakuasi jenazah Suster Gabriella dari Kiwirok ke Jayapura.

Baca Juga  Terkait Penembakan 2 Guru Asal Toraja di Papua, PMTI Datangi Istana Presiden

Jenazah Suster Gabriella baru bisa dievakusi ke Jayapura setelah empat hari berhasil diangkat dari jurang sedalam 500 meter dan selama itu disemayamkan di Pos Ramil Kiwirok.

Tokoh masyarakat Toraja di Jayapura, Desti Pongsikabe, mengatakan sesaat setelah tiba di Markas Kodam Polimak Jayapura, jenazah Gabriella Meilani kemudian dibawa RS Marthen Indey Jayapura untuk diperiksa, dimandikan dan diganti pakaiannya.

“Tadi saya bersama ibunda Almarhumah menjemput jenazah di Kodam, kemudian dibawa ke rumah sakit. Setelah itu, jenazah dibawa ke rumah duka dengan mobil jenazah milik IKT Provinsi Papua. Sesampai di Jalan Yoka, sekitar 500 meter dari rumah duka, jenazah kemudian ditandu ribuan warga kita yang sudah lama menunggu di sana,” terang Desti kepada kareba-toraja.com, Selasa, 21 September 2021 malam.

Baca Juga  Sudah Diangkat dari Jurang, Jenazah Nakes Asal Toraja Belum Dievakuasi ke Jayapura

Ribuan warga Toraja yang mengusung jenazah Gabriella juga mendengungkan irama kedukaan sesuai adat istiadat Toraja (badong). Sebagian besar warga yang menjemput jenazah juga tidak bisa membendung tangis dan air mata.

Sesampai di rumah duka di Jalan Belut, Waena, IKT Provinsi Papua dan IKT Kota Jayapura menggelar ibadah penghiburan. Usai ibadah penghiburan dilaksanakan upacara penyerahan jenazah dari pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan dan diterima oleh pengurus IKT Provinsi Papua.

Desti mengatakan, jenazah Gabriella Meilani rencananya akan dimakamkan di TPU Kristen Abepura, Jayapura. “Rencana pemakaman jam satu siang (13.00 WIT) besok di pemakaman umum Kristen Abepura,” tutur Desti. (*)

Baca Juga  Dua Nakes Asal Toraja yang Jadi Korban KKB di Pegunungan Bintang Sudah Dievakuasi ke Jayapura

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya