Sport Climbing and Camping Ground 2022 yang Diinisiasi FPTI dan PMTI Sukses Digelar

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Event Toraja Climbing Party dan Camping Ground yang diinisiasi oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Pengurus Kabupaten Tana Toraja bekerjasama dengan Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) berjalan sukses.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari, mulai 4 – 6 Juli 2022 yang bertempat di Venue FPTI Tana Toraja, Jalana Rukka Andilolo Makale diikuti kurang lebih 60 peserta.

60 peserta baik putra dan Putri ini berasal dari berbagai  KPA (Kelompok Pencinta Alam), Mahasiswa maupun masyarakat umum. Panitia juga menyiapkan berbagai hadiah doorprice sebagai bentuk perhatian Panitia terhadap peserta.

Ivan Kalalembang selaku Ketua Umum FPTI Tana Toraja mengatakan Climbing Party ini adalah kegiatan yang sudah kedua kalinya FPTI adakan, selain kegiatan ini adalah program kerja FPTI Tana Toraja, juga ini menjadi ajang silaturahmi dan temu akrab bagi para penggiat panjat tebing.

Baca Juga  Ketua Umum PMTI Beri Support untuk Federasi Panjat Tebing Tana Toraja

“Selain Ajang silaturahmi, kami juga menjadikan Climbing Party ini sebagai ajang pencarian Bibit Atlet kedepan yang kemudian dipersiapkan mengikuti lomba baik pada skala lokal, regional, dan nasional,” kata Ivan Kala’lembang.

Sebagaimana dikehui saat ini FPTI Tana Toraja memiliki 7 orang Atlet dan akan berlaga pada Pekan Olah Raga Provinsi pada 22 s/d 28 Oktober 2022 di Kabupaten Sinjai.

Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa beserta rombongan menyempatkan hadir pada hari kedua event, tanggal 5 Juli 2022 sore untuk melihat langsung pusat latihan panjat tebing pemuda dan pemudi Toraja ini.

Ketua umum PMTI menyempatkan hadir ke Pusat latihan FPTI pasca menghadiri beberapa agenda kegiatan, diantaranya menghadiri pembukaan dan selaku Narasumber Praya PPGT XI di Bittuang Tana Toraja.

Baca Juga  Januari – 18 Juni, 108 Kasus, 2 Orang Meninggal karena Demam Berdarah di Toraja Utara

Dalam kesempatan ini, Ketum PMTI memberikan arahan kepada Pengurus, Panitia dan seluruh peserta Climbing Party dan Camping Ground bahwa kegiatan ini adalah ajang pencarian bakat untuk mendapatkan bibit atlet baru.

“Pencarian bibit atlet itu harus dimulai dari usia dini dan kepada Ke 7 Atlet Panjat Tebing untuk semakin semangat berlatih, displin menjaga kebugaran fisik dan mental, agar saat berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi di Sinjai optimis bisa tampil optimal dan harapan seluruh masyarakat Toraja, para Atlet FPTI Tana Toraja dapat menyumbangkan 1 Medali Emas, dan Perak. ungkap Ketum PMTI Pusat,” kata Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumbaa.

Ketua PMTI Mayjen TNI Yulius Selvanus Lumbaa mengatakan PMTI akan selalu hadir dan konsisten pada pengembangan olahraga prestasi. “Itu sudah menjadi tekad saya, dan ini adalah jawaban dari 10 program andalan PMTI, dimana saat ini kami memprioritaskan 2 cabang olahraga yaitu Catur dan Panjat Tebing,” katanya.

Baca Juga  Prabowo Subianto Dijadwalkan Hadiri Pembukaan Sidang Sinode Am Gereja Toraja

Sebelum Ketum PMTI melanjutkan perjalanan menuju Makassar untuk melantik Pengurus PMTI Sulsel, Ketum PMTI membagikan KIAT (Kartu Identitas Atlet) kepada ke 7 Atlet Panjat (4 putra dan 3 putri) Tebing Tana Toraja.

Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa juga mensuport perlengkapan ke 7 Atlet Panjat Tebing yang akan digunakan dalam Pemusatan Pelatihan sampai pada perlombaan di Sinjai natinya, bahkan Ketum PMTI berjanji akan menghadirkan Pelatih (Coach) Nasional dari Jakarta. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar