oleh

Sah, KPU Tetapkan Yohanis Bassang-Frederik Palimbong Bupati-Wakil Bupati Terpilih Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara akhirnya menetapkan pasangan Yohanis Bassang dan Frederik Viktor Palimbong sebagai Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2020.

Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini dilakukan KPU Kabupaten Toraja Utara dalam Rapat Pleno Terbuka, yang berlangsung di Hotel Heritage Toraja , Kesu’ Toraja Utara, Sabtu, 23 Januari 2021.

Rapat pleno terbuka ini dihadiri oleh Komisioner KPU Toraja Utara, Bawaslu, pimpinan partai politik dan pasangan calon terpilih Yohanis Bassang dan Frederik Viktor Palimbongi, Sekretaris Kabupaten Toraja Utara Rede Roni Bare, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Czi Zainal Arifin, Kajari Tana Toraja Jefri P. Makapedua

Baca Juga  Harun Rante Lembang Resmi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara

Ketua KPU Kabupaten Toraja Utara, Bonnie Fredoom mengatakan penetapan pasangan calon terpilih adalah tahapan paling akhir dari seluruh rangkaian Pilkada Toraja Utara tahun 2020.

“Semoga pasangan calon terpilih dapat membawa amanah dan berbakti kepada masyarakat Toraja Utara,” kata Bonnie

Bonnie mengatakan, Pilkada Toraja Utara tidak bersengketa di Mahkamah Konstitusi. Dan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi telah diterima KPU Toraja Utara dari KPU Pusat. Menurut aturan, paling lambat lima hari setelah diterimanya BRPK, KPU Kabupaten/Kota harus menetapkan pasangan calon terpilih.

“Selanjutnya, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah penuh semangat dan tanggung jawab untuk mendukung seluruh tahapan Pilkada sehingga boleh tercapai dengan baik ,” terang Bonnie

Baca Juga  Kapolres Toraja Utara Larang Masyarakat Buat Pesta di Malam Pergantian Tahun

Untuk diketahui, Bupati dan Wakil Toraja Utara periode 2016-2021, Kalatiku Paembonan dan Yosia Rinto Kadang dilantik pada 31 Maret 2016. Jika dihitung masa lima tahun, masa bakti mereka akan berakhir pada 31 Maret 2021 mendatang.

Bupati Toraja Utara terpilih, Yohanis Basang dalam sambutannya usai menerima SK penetapan paslon terpilih, menegaskan bahwa kemenangan Yohanis Bassang – Frederik Viktor Palimbong adalah kemenangan rakyat Toraja Utara.

“Ini adalah hasil dari seluruh rakyat Toraja Utara. Kami terpilih melalui proses Pilkada bukan karena kekuatan dan kehendak kami, tapi semata-mata karena anugerah Tuhan. Terima kasih kepada seluruh masyarakat, baik yang ada di Toraja Utara maupun di luar,” ujar  Yohanis Bassang

Baca Juga  Dalam 2 Bulan Peningkatan Kasus Demam Berdarah di Toraja Utara Menakutkan

Mantan wakil Bupati Kab Mimika  ini mengatakan kita sudah membangun sistem demokrasi yang sangat baik. Banyak pihak yang khawatir, tapi kita bangga dengan masyarakat yang penuh dengan kekeluargaan. Kita bangga dengan jajaran aparan keamanan yang telah menciptakan suasana kondusif.

“Kepada seluruh masyarakat Toraja Utara, saya mengajak, mari kita lupakan seluruh dinamika yang tidak produktif selama Pilkada. Kita bangun kebersamaan. Kita bangun hati yang sama untuk melihat dan membangun daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya. (*)

Penulis/Editor: Herson Pasuang

Komentar

Berita Lainnya