oleh

RS Elim Rantepao Kini Bisa Layani Operasi Katarak dengan Laser Fakoemulsifikasi

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Rumah Sakit Elim Rantepao, Toraja Utara kini menyediakan layanan kesehatan mata dengan peralatan yang lengkap dan canggih.

“Kita menyediakan berbagai fasilitas yang digunakan untuk memeriksa dan mendiagnosa, hingga penatalaksanaan dari penyakit mata,” ungkap dokter ahli mata RS Elim Rantepao, dr Budi Karoma, Sp.M, dalam rilis pers yang diterima redaksi kareba-toraja.com, Minggu, 1 Mei 2022.

Dokter Budi lebih lanjut menjelaskan berbagai peralatan layanan mata yang tersedia, diantaranya refraktometer, yakni alat untuk mengukur kelainan reflaksi pada pasien dengan kelainan reflaksi. Kemudian, ada tonometry, yaitu alat untuk mengukur tekanan bola mata pada pasien penderita glukoma. Kemudian alat untuk mengukur ketajaman penglihatan.

Baca Juga  Dandim 1414 dan Satgas Covid-19 Toraja Utara Cek Ketersediaan Oksigen untuk Pasien Covid-19

“Selain itu, kita memiliki fasilitas untuk melihat kelainan pada bola mata. Juga berbagai fasilitas untuk operasi yang telah lengkap dan canggih,” tutur dr Budi.

Dokter Budi juga menyebut, RS Elim menyediakan fasilitas mesin Fakoemulsifikasi atau proses operasi katarak menggunakan laser. “Layanan operasi katarak dengan mesin Fakoemulsifikasi ini mulai dibuka tanggal 1 Mei 2022,” katanya.

Fakoemulsifikasi adalah operasi katarak yang dilakukan dengan mengambil bagian depan lensa mata tanpa merusak kapsul posterior. Prosedur ini aman dan tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah fakoemulsifikasi, dokter akan memasang lensa buatan (IOL) agar mata dapat melihat dengan lebih jelas.

Sementara itu, Direktur RS Elim Rantepao, dr. Adrian Benedict Wijaya mengatakan operasi katarak dengan mesin Fakoemulsifikasi bisa menggunakan fasilitas layanan BPJS Kesehatan.

Baca Juga  Selama Pandemi, Kunjungan Pasien ke RS Menurun Namun Permintaan Formalin Meningkat

“Dengan ditandatanganinya addendum Perjanjian Kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Makale dan RS Elim Rantepao tentang penambahan layanan operasi katarak dengan metode fakoemulsifikasi ini, masyarakat tidak perlu lagi ke Makassar untuk mendapatkan pelayanan mata, khususnya operasi katarak,” terang dr. Adrian.

Proses pemeriksaan mata di Poli Mata RS Elim Rantepao, Toraja Utara.

Dokter Adrian lebih lanjut mengatakan pihaknya sangat bersyukur dengan adanya penambahan layanan ini. Pelayanan mata merupakan salah satu layanan unggulan di RS Elim Rantepao dengan peralatan dengan kualitas terbaik di wilayah Toraja yang selevel dengan RS di Makassar, sehingga masyarakat Toraja diharapkan tidak perlu jauh-jauh ke Makassar lagi.

“Bahkan kami berharap masyarakat dari luar Toraja juga dapat datang untuk mendapatkan pelayanan ini di RS Elim,” harap dr Adrian.

Baca Juga  Ruang Perawatan Pasien Covid-19 di RSUD Lakipadada Dikabarkan Penuh

Pelayanan poli mata di RS Elim sudah dilengkapi dengan peralatan canggih dan lengkap untuk mendeteksi dan menangani kelainan pada mata, seperti gangguan refraksi, tekanan bola mata, kelainan pada saraf mata, penyakit infeksi, gangguan kesehatan mata pada anak, dan khususnya kebutaan yang disebabkan oleh katarak. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya