oleh

Bupati Toraja Utara Dapat Penghargaan Maturitas SPIP Level 3 dari BPKP

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Menjelang akhir masa jabatannya, Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan kembali mendapat pengakuan dari lembaga negara atas kinerjanya dalam  memimpin Kabupaten Toraja Utara. Sebelumnya, Kalatiku mempersembahkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama lima tahun berturut-turut.

Jumat, 19 Februari 2021, Kalatiku Paembonan menerima penghargaan Maturitas SPIP Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan di Kantor Perwakilan BPKP Sulsel.

Maturitas adalah istilah yang menunjukkan ukuran kualitas, serta kematangan atau kedewasaan dari sistem pengendalian internal pada suatu organisasi pemerintahan. Sedangkan SPIP Level 3 adalah Sistem Pengendalian Interen Pemerintah yang telah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik.

Baca Juga  Kalatiku Ingin Akhiri Pemerintahannya dengan Opini WTP, Bupati Baru Diharap Melanjutkannya

Maturitas SPIP Level 3 adalah bentuk apresiasi yang diberikan kepada Pemda yang mampu menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah yang sudah baik.

Usai menerima penghargaan itu, Kalatiku menyatakan bahwa penghargaan Maturitas Level 3 ini merupakan yang tertinggi untuk tingkat pemerintah kabupaten.

Dengan penghargaan ini, lanjut Kalatiku, Kabupaten Toraja Utara sudah teryakinkan bahwa opini WTP lima kali berturut-turut dari BPK tidak diperoleh dengan mudah. Bahwa sistem pengendalian dan kematangan dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun keuangan sudah sangat baik.

“Penghargaan dari BPKP ini memberi keyakinan kepada kita bahwa apa yang sudah kita lakukan selama ini mendapat penilaian positif dari lembaga negara lain,” terang Kalatiku.

Baca Juga  Harun Rante Lembang Resmi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara

Sistem pengendalian internal ini, kata Kalatiku, tidak diraih dengan mudah, namun butuh kerja keras dan ketelitian selama beberapa tahun terakhir ini.

“Ini kerja keras semua jajaran pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Semoga hasil baik ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang,” pungkasnya. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya