Ratusan Warga Tondok Ratte Rindingallo Dapat Layanan Kesehatan Gratis Timkes Kevikepan Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, RINDINGALLO — Ratusan warga Pangala’ Kecamatan Rindingallo dan sekitarnya mendapat layanan kesehatan gratis dari Tim Kesehatan Kevikepan Toraja.

Bakti Sosial pemeriksaan dan pelayanan kesehatan gratis ini dilaksanakan di Gereja Katolik Paroki Maria Bunda Karmel Tondok Ratte, 29-30 Juni 2024.

Sebanyak 660 warga mendapat berbagai jenis layanan kesehatan, seperti pemeriksaan mata, THT, gigi, sirkum, umum dan neuro, pelayanan kesehatan anak, USG, IVA, dan donor darah.

Data yang diperoleh KAREBA TORAJA menyebutkan, sebanyak 163 warga mendapat pelayanan kesehatan mata. Kemudian, THT sebanyak 70 orang, gigi 93 orang, umum dan neuro 160 orang, anak 25 orang, USG 24 orang dan IVA 9 orang. Sedangkan 26 orang lainnya menyumbangkan darah mereka dalam aksi social donor darah.

Baca Juga  Ini Penyebab Suhu Udara Terasa Gerah Pada Malam Hari dan Panas Terik Saat Siang

Vikaris Apostolik (Vikep) Toraja, Pastor Bartolomeus Pararak menyatakan bakti sosial kesehatan ini dilaksanakan dalam rangkaian 100 tahun Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

“Juga merupakan salah satu pengejawantahan dari visi misi Keuskupan Agung Makassar, yakni bergerak bersama melayani dalam kasih karna Allah adalah Kasih,” terang Pastor Bartolomeus.

Dia menyebut, bakti sosial ini melibatkan puluhan tenaga medis gabungan dari Pemda Toraja Utara (Dinkes), Puskesmas Pangala’, KKMK Unhas 40 dokter hadir: spesialist : mata, saraf, obgyn, dalam, gigi, bedah, anak, dokter umum, dokter hewan( penyuluhan dan vaksin dan vitamin ternak) , koas, dan mahasiswa Kerukunan Mahasiswa Kedokteran Katolik Unhas.

Hadir mendukung dan meninjau baktis sosial Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Salvius Pasang. (*)

Baca Juga  Satpol PP Toraja UtaraTertibkan Plang “Dilarang Parkir Kecuali Pelanggan”

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar