oleh

Prof. Kathleen Admas dan Keiko Kusakabe Bantu APD Covid-19 untuk Tenaga Medis di Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Dua warga negara asing yang pernah tinggal lama di Toraja, Prof. Dr. Kathleen M. Adams dan Keiko Kusakabe menggalang bantuan alat pelindung diri (APD) Covid-19 untuk membantu tenaga medis di Toraja menghadapi virus Corona.

Prof. Dr. Kathleen M. Adams adalah warga negara Amerika Serikat yang sangat peduli dengan kebudayaan dan adat istiadat Toraja. Prof. Dr. Kathleen M. Adams pernah tinggal cukup lama di Toraja.

Sedangkan Keiko Kusakabe adalah warga negara Jepang yang juga pernah tinggal cukup lama di Toraja. Perempuan Jepang ini juga pencinta budaya Toraja, terutama yang berhubungan dengan kain tenun.

Kedua warna negara asing pemerhati Toraja ini menggalang bantuan alat pelindung diri (APD) melalui akun facebook milik mereka dan International Online Donations PPEs For Toraja Doktors.

Baca Juga  Kebakaran Hebat Hanguskan 5 Rumah dan Toko di Pangli, Toraja Utara

Kepedulian kedua warga negara asing ini dilakukan setelah melihat pemberitaan media lokal tentang penanganan Covid-19 di Tana Toraja dan Toraja Utara, dimana di awal-awalnya, para tenaga medis hanya mengenakan APD seadanya.

Bantuan dari Prof. Dr. Kathleen M. Adams dan Keiko Kusakabe disalurkan melalui orang kepercayaan mereka di Toraja, yakni dr. Alvianto Tandiarrang dan Karanganan Sarungallo.

Bantuan APD dari kedua warga negara asing ini diserahkan dr Alvianto dan Karangan Sarungallo kepada Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang juga Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeq. Di Toraja Utara, bantuan APD diterima Ketua IDI Toraja Utara dr. Remen Taula’bi.

Bantuan APD ini kemudian disalurkan ke rumah sakit dan Puskesmas yang ada di Tana Toraja serta Toraja Utara. (*)

Baca Juga  BREAKING NEWS: Tiga Warga Tersengat Listrik di Mengkendek, 2 Meninggal

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya