oleh

Pencuri Spesialis Jok Motor Ditangkap Tim Batitong Maro Polres Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Anda, yang suka menaruh handphone (HP), uang, atau barang berharga lainnya di jok sepeda motor dihimbau untuk berhati-hati, waspada, dan diharapkan tidak lagi melakukan kebiasaan yang sama.

Sebab, pelaku pencurian yang sangat mahir mencungkil jok sepeda motor kini ada di Toraja. Buktinya terlihat setelah Tim Batitong Maro dari Unit Resmob Polres Tana Toraja menangkap pelakunya pada Kamis, 25 Februari 2020 do To’Kaluku, Makale.

Nah, setelah ditangkap polisi, terduga pelaku yang berinisial A, 55 tahun, asal Makassar tersebut mengaku sudah delapan kali melakukan aksinya di Toraja. Sasarannya adalah jok sepeda motor yang ditinggal pemiliknya dengan barang berharga di dalamnya, seperti HP, uang, dan tas. Dia memanfaatkan kelalaian dan kebiasaan warga yang menaruh barang berharga di jok sepeda motor.

Baca Juga  Pemeriksaan Bukti Vaksin Covid-19 di Perbatasan Tana Toraja Diperpanjang Hingga Akhir Agustus

“Terduga A ini mengaku sudah 8 kali melakukan aksi pencurian dengan modus mencungkil jok sepeda motor dan mengambil barang-barang yang ada di dalam jok motor tersebut,” terang Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Jon Paerunan.

“Karena sudah 8 kali, pelaku ini dapat dikategorikan sebagai pencuri spesialis HP yang disimpan di bawah jok motor,” urai AKP Jon Paerunan lebih lanjut.

Terduga pelaku A, lanjut Jon Paerunan, saat ini ditahan di Mapolres Tana Toraja bersama barang bukti 2 HP hasil curian dan 1 unit sepeda motor merk Mio 125 warna merah yang digunakan oleh terduga membuntuti korbannya.

“Akibat dari tindak pidana pencurian yang dilakukannya, terduga terancam pidana pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun,” tegas Jon Paerunan.

Baca Juga  Ahli Geoteknik dan Geofisika Unhas Sebut Getaran dan Dentuman di Lembang Patekke Bersifat Alamiah

AKP Jon Paerunan, menghimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan HP agar datang ke Sat Reskrim Polres Tana Toraja. “Yang merasa kehilangan HP di bawah jok motornya, silahkan datang ke Sat Reskrim. Dan kami ingatkan kepada masyarakat agar lebih berhati hati lagi menyimpan barang berharga, karena saat ini menyimpan barang di jok motor bukanlah tempat yang aman,” katanya. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya