oleh

OPINI: Implementasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Budaya Bangsa Indonesia

Oleh: Elisabet Tri Alfriputri

Tentunya dalam suatu negara pasti mempunyai yang namanya sebuah budaya. Banyak orang yang mengartikan budaya adalah ciri khas dari sebuah negara itu sendiri. Tetapi, selain budaya suatu negara juga mempunyai Dasar Negara yang menjadi sebuah pedoman negara itu sendiri. Negara Indonesia mempunyai sebuah Dasar Negara, yaitu Pancasila, yang tak lain adalah cita-cita dan harapan bangsa Indonesia. Selain sebagai dasar negara, kedudukan Pancasila adalah sebagai budaya bangsa. Pancasila menjadi budaya bangsa karena sebelum disahkan menjadi dasar negara, nilai-nilainya telah ada dalam kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila merupakan salah satu kebudayaan bangsa Indonesia yang sangat bernilai. Sesuatu yang diciptakan manusia disebut kebudayaan.

Nilai-nilai Pancasila sebagai budaya bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa. Dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa adanya nilai rohani yang mengatur hubungan negara dan agama, hubungan manusia dengan Sang Pencipta, serta nilai hak asasi manusia.
  • Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Dalam sila ini terkandung nilai cinta kasih, nilai kesopanan, membela kebenaran,sopan santun, dan menghormati orang lain.
  • Persatuan Indonesia. Dalam sila ini terkandung nilai yang menjunjung tinggi tradisi perjuangan dankerelaan untuk berkorban serta menjaga kehormatan bangsa dan negara
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dalam sila ini terkandung nilai agar manusia lndonesia menjunjung tinggi tanggungjawab terhadap keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Selain itu juga tanggungjawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menegakkan kebenaran, keadilan,kehidupan yang bebas, adil, dan sejahtera.
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Keadilan sosial berarti keadilan yang berlaku dalam masyarakat di segala bidang kehidupan baik jasmani maupun rohani. Nilai-nilai dalam sila ini meliputi keselarasan, keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta nilai kedermawanan terhadap sesama.
Baca Juga  OPINI: Multikultural Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Milenial

Nilai-nilai moral Pancasila atau budi pekerti luhur tersebut di atas merupakan inti kekuatan yang menyemangati dan juga mendorong budaya nasional untuk maju dan berkembang. Selain itu, Pancasila juga kita akui sebagai dasar atau landasan pedoman pengembangan dan sekaligus sebagai tujuan cita-cita kebudayaan nasional Indonesia.

Dengan penegasan ini berarti bahwa kebudayaan nasional harus dibina dan dikembangkan atas dasar norma-norma Pancasila dan diarahkan pada pengaktualisasian nilai-nilai yang tetapmencerminkan kepribadian Pancasila. Memang pengaktualisasiannya tidak mungkin sama dan justru harus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam menghadapi era globalisasi modern ini perlunya adanya pengembangan nilai-nilai dasar yang disertai nilai-nilai intrumennya agar Pancasila tidak ketinggalan zaman.

Baca Juga  Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila Pramuka Kwartir Ranting Gandangbatu Sillanan

Sejarah telah memberikan ungkapan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang menjadi sumber kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahbatin yang makin baik, didalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Bahwasannya Pancasil telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar negara seperti tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa, yang telah diuji kebenaran,kemampuan, dan kesaktiannya, sehingga tak ada satu kekuatan manapun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia. Indonesia hidup di dalam berbagai macam keberagaman, baik itu suku, bangsa, budaya dan agama.

Dari kesemuanya itu, Indonesia berdiri dalam suatukeutuhan. Menjadi kesatuan dan bersatu di dalam persatuan yang kokoh di bawahnaungan Pancasila dan semboyannya, Bhinneka Tunggal Ika. Tidak jauh dari hal tersebut, Pancasila membuat Indonesia tetap teguh dan bersatu di dalam keberagaman budaya. Dan menjadikan Pancasila sebagai dasar kebudayaan yang menyatukan budaya satu dengan yang lain Indonesia.

Baca Juga  FOTO: Kenakan Pakaian Adat, Forkopimda Tana Toraja Ikuti Zoom Meeting Hari Lahir Pancasila

Dengan demikian Pancasila dijadikan dasar tonggak dalam pembuatan segala peraturan perundang-undangan negara sertaberbagai peratura lainnya yang mengatur di berbagai bidang kehidupan baikpolitik,ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan. (Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum bagi Bangsa Indonesia) Pandangan hidup yang dimiliki bangsa Indonesia bersumber pada akar budaya dan nilai-nilai religius sebagai keyakinan bangsa Indonesia,maka denganpandangan hidup yang diyakinin oleh bangsa Indonesia dapat dan mampumemecahkan masalah yang dihadapi secara tepat. (*)

ELISABET TRI ALFRIPUTRI Mahasiswi Prodi PGSD, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Komentar