Material Longsor Tutup Jalan dan Rusak Sekolah di Buntu Pepasan, Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, BUNTU PEPASAN — Hujan lebat yang mengguyur wilayah Toraja Utara, Rabu, 22 Maret 2023 menyebabkan bencana alam tanah longsor di Dusun Salukanan, Lembang (Desa) Ponglu, Kecamatan Buntu Pepasan.

Material longsor setebal kurang lebih setengah meter menutupi badan jalan poros Pangala’-Sapan, sehingga tak bisa dilalui kendaraan. Selain itu, material longsor juga menerjang dua ruang kelas SDN 13 Buntu Pepasan, yang menyebabkan bangunan itu rusak.

“Material longsor juga masuk ke rumah warga. Panjang longsoran sekitar 100 meter,” terang Danramil 03/Rindingallo, Letda TNI Marthen, dalam laporannya, Kamis, 23 Maret 2024.

Dikatakan, bencana alam tanah longsor itu terjadi sekitar pukul 20.30 Wita.

Pada Kamis, 23 Maret 2023, lanjut Letda Marthen, personel Koramil 03/Rindingallo berkordinasi dengan Kapala Lembang untuk melaksanakan pembersihan dalam rangka pembersihan material tanah longsor sementara agar dapat dilewati kendaraan roda dua,sambil menunggu alat berat dari BPBD Toraja Utara.

Baca Juga  APBD Toraja Utara tahun 2021 Ditetapkan Rp 1,1 Triliun

“Kendala malam cuaca masih hujan dan lampu PLN mati, sehinggah tdk dapat melaksanakan pembersihan tanah longsor. Juga dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” katanya. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar