oleh

FOTO: Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Pongtiku

KAREBA-TORAJA.COM, PANGALA’ — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Toraja Utara serta ratusan warga mengkuti upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Pongtiku di makam pahlawan Pongtiku di Pangala’, Kecamatan Rindingallo, Toraja Utara, Sabtu, 10 Juli 2021.

Kegiatan upacara diperingati setiap tahun diselenggarakan di makam Pahlawan Pongtiku. Acara yang digagas Pemkab Toraja Utara tetap memperhatikan protokoler kesehatan Covid-19.

Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Pahlawan Nasional Pongtiku dan hening cipta untuk mengenang pahlawan nasional dari Toraja itu.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang yang bertindak sebagai inspektur upacara, dalam sambutannya mengatakan hari ini kita peringati dan melaksanakan upacara penghormatan dan penghargaan Hari Jadi Pahlawan Pongtiku. Walaupun di tengah suasana pandemi Covid-19 kita menyempatkan hadir menghormati pahlawan Toraja yang sangat dibanggakan.

Baca Juga  Upacara HUT RI ke-76 di Benteng Ka’do; Salah Satu Benteng Pertahanan Pahlawan Nasional Pongtiku

“Pongtiku sampai saat ini baru satu-satunya kelurga Toraja yang mendapat pengakuan sebagai pahlawan nasional. Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua. Rasa kagum tidak henti kepadanya,” ujar Bassang.

Segala pengorbanan dan heroik yang dilakukan Pongtiku pada masanya, menghadirkan Toraja di tengah perspektif nasional sebagai putra daerah yang berkorban jiwa dan raga bagi kemerdekaan negeri ini.

Menurutnya, semangat Pongtiku luar biasa dan dikagumi. Semangat ini harus menjadi inspirasi bagi putra-putri daerah dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Saat ini kita berada pada suasana yang begitu merasakan semangat Pongtiku yang telah hadir bersama komponen menghadapi virus Corona,” ungkapnya.

Yohanis Bassang berharap semangat Pongtiku dapat diteruskan dalam upaya menghadapi Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan yang utuh dan sekatan dalam rangka bebaskan daerah dari penularan virus Corona.

Baca Juga  S. Minggu; Putra Toraja Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia

Hadir dalam upacara tersebut, diantaranya Ketua DPRD Toraja Utara Nober Rante Siama’, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Inf Amril Hairuman Tehupelasury, Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma, kapolres Tana Toraja  AKBP Sharly Sollu, Kepala Kejari Tana Toraja Jefri Penanging Makapedua, dan yakni Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong. (*)

Penulis: Abdul Munir
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya