oleh

Dibantu Nasdem Tana Toraja, Remaja yang Kulitnya Melepuh Pasca Vaksinasi Kini Ditangani Dokter Ahli Kulit

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — DPD Nasdem Tana Toraja akhirnya mengambil langkah cepat merujuk Salsabila ke Rumah Sakit Elim Rantepao, Sabtu, 13 November 2021.

Hal ini dilakukan Nasdem Tana Toraja karena prihatin dengan kondisi yang dialami Salsabilah, yang sekujur tubuhnya melepuh setelah menjalani vaksinasi Covid-19 pertengahan bulan Oktober lalu.

Empat hari setelah kunjungan pertama ke rumah Salsabilah, 9 November 2021 lalu, Nasdem Tana Toraja kembali mendatangi rumah orangtua remaja itu, Sabtu pagi untuk menjemput Salsabilah dan merujuknya ke RS Elim Rantepao.

Salsabilah dirujuk ke RS Elim didampingi langsung oleh Ketua DPD Nasdem Tana Toraja, Evivana Rombedatu dan anggota DPRD Provinsi Sulsel, Sarwindye Tiranda Biringkanae.

Baca Juga  Penyandang Disabilitas Terima Vaksin Covid-19 di Gerai Presisi Polres Toraja Utara

Kini Salsabilah sudah menjalani perawatan di RS Rantepao dan ditangani langsung oleh dokter ahli kulit.

Ketua DPD II Partai Nasdem Tana Toraja yang juga Wakil Ketua DPRD Tana Toraja Evivana Rombedatu mengatakan langkah untuk merujuk Salsabilah ke dokter ahli kulit dilakukan karena setelah berkoordinasi dengan orangtuanya, Salsabilah belum diperiksa oleh dokter ahli sehingga penyakitnya belum diketahui apa penyebabnya.

“Setelah berdiskusi terkait rencana perawatan Salsabilah, pihak Keluarga minta sekiranya ada dokter kulit di Toraja agar dirujuk kesana saja, akhirnya kami rujuk ke RS Elim,” jelas Evivana.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Sulsel, Sarwindye Tiranda Biringkanae mengatakan, dirinya dan Partai Nasdem bahkan siap menfasilitasi Salsabilah jika keluarga mengizinkan untuk dirujuk ke Makassar.

Baca Juga  Seribu Dosis Vaksin Sinovac Disediakan Polres Toraja Utara untuk Vaksinasi Tahap 2

“Kami siap jika harus dirujuk ke Makassar, namun karena keluarga minta agar mencari yang terdekat saja jadi kami rujuk ke dokter kulit yang ada di Toraja saja,” kata Sarwindye.

Sebelumnya diberitakan, seorang Remaja di Makale bernama Salsabilah (14 tahun) mengalami penyakit aneh berupa kulit melepuh setelah menjalani vaksinasi Covid-19.

Kejadian ini mulai dialami Salsabilah 3 hari setelah menerima suntikan vaksin Covid-19 yang di gelar Dinas Kesehatan Tana Toraja di SMPN 1 Tana Toraja, 16 Oktober 2021.

Salsabilah sempat dirawat di RS Sinar Kasih Toraja selama 3 minggu hingga akhirnya pihak keluarga memilih merawat Salsabilah dirumah karena tidak punya kemampuan untuk merujuk Salsabilah ke Makassar. (*)

Baca Juga  Vaksinasi Covid-19 untuk Remaja di Toraja Utara Dilakukan Bertahap

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya