oleh

1 Tongkonan dan Rumah Panggung Ludes Terbakar di Buntu Batu, Tikala

KAREBA-TORAJA.COM, TIKALA — Kebakaran hebat terjadi di Dusun Tanete Pa’bosok, Lembang Buntu Batu, Kecamatan Tikala, Toraja Utara, Jumat, 20 Agustus 2021.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15.00 Wita itu menghanguskan satu unit rumah adat Toraja, Tongkonan dan satu unit rumah panggung milik warga setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun harta benda yang ada dalam Tongkonan maupun rumah, tidak ada yang bisa diselematkan. Kerugian material yang diderita para korban diperkirakan mencapai Rp 1 miliar lebih.

Kepala Lembang Buntu Batu, Markus Padang, yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat, 20 Agustus 2021 malam mengatakan kebakaran itu diduga disebabkan karena hubungan arus pendek listrik (koslet).

Baca Juga  Upacara HUT RI ke-76 di Benteng Ka’do; Salah Satu Benteng Pertahanan Pahlawan Nasional Pongtiku

“Dugaan sementara karena kabel listrik yang koslet,” ujar Markus.

Markus mengatakan, kebakaran itu terjadi sangat cepat sehingga pemilik rumah tidak bisa menyelamatkan harta bendanya. Upaya pemadaman yang dilakukan warga sekitar tak mampu mengatasi amukan api.

“Itu Tongkonan dua tingkat milik rumpun keluarga Ne’ Pindan. Sedangkan rumah panggung yang ada di sampingnya milik keluarga Ne’ Tonapa,” terang Markus.

Markus mengatakan, saat ini, 11 orang warga dari dua Kepala Keluarga yang menjadi korban kebakaran tersebut menempati rumah bantuan bedah rumah milik kerabat korban, yang letaknya tidak jauh dari lokasi kejadian.

“Saya sudah lapor ke Dinas Sosial. Saat ini, mereka sedang dalam perjalanan menuju kemari,” kata Markus, yang mengaku masih berada di tengah-tengah warga yang tertimpa musibah kebakaran tersebut. (*)

Baca Juga  APBD Toraja Utara tahun 2021 Ditetapkan Rp 1,1 Triliun

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya