oleh

Vaksin Dosis Ketiga Mulai Disuntikkan kepada Tenaga Kesehatan di Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, TALLUNGLIPU — Tenaga Kesehatan di Kabupaten Toraja Utara akan mendapat suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19. Untuk dosis ketiga ini, vaksin yang digunakan merek Moderna.

Vaksin Moderna adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau COVID-19. Vaksin Moderna atau mRNA-1273 dikembangkan sejak Januari 2020 oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika.

Launching vaksinasi Covid-19 dosis ketiga ini dilaksanakan di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Toraja Utara, Selasa, 10 Agustus 2021.

Vaksinasi dosis ketiga kepada tenaga kesehatan dan Forkopimda ini dilaksanakan atas kerjasama pemerintah Kabupaten Toraja Utara dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Launching vaksinasi dosis ketiga ini dibuka oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang. Dalam sambutannya, Bassang mengatakan pembagian vaksin Moderna harus merata bagi tenaga kesehatan dan pelayan masyarakat yang aktif memberikan pelayanan di tengah pandemi.

Baca Juga  Masih Banyak Warga Toraja Tidak Percaya Adanya Virus Corona

“Tenaga Kesehatan adalah sebagai ujung tombak pelayan di lapangan dan kita bangga serta berterima kasih kepada pemerintah pusat. Toraja Utara masuk pada 415 kota di Indonesia yang mendapatkan vaksin ini. Pesan saya agar pembagian vaksin betul – betul merata disemua lini, terutama petugas kesehatan yang lebih banyak bersentuhan dengan pelayanan. Dan kita berharap dapat memutuskan mata rantai virus Corona-19 dengan menekan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan,” harap Bassang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Elizabeth R. Zakaria, menuturkan bahwa pada launching perdana ini, Toraja Utara mendapatkan vaksin Moderna sebanyak 73 vial (1 vial untuk 14 orang).

“Jadi, target kita semua tenaga kesehatan di Toraja Utara bisa mendapat vaksin dosis ketiga ini,” kata Elisabeth.

Baca Juga  Kasus Positif Covid-19 Melaju Kencang, Pemkab Torut Kembali Ingatkan Gerakan 3M

Usai launching hari ini, lanjut Elisabeth, vaksin dosis ketiga ini akan dibagikan kepada Puskesmas dan tenaga kesehatan melakukan vaksinasi di Puskesmas masing-masing.

Pelayanan perdana lunching dosis ketiga kepada wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V Palimbong, selanjutnya Kapolres Toraja utara, AKBP Yudha Wiradjati Kusuma, Ny. Damayanti V Palimbong dan selanjutnya para tenaga medis.

Tampak hadir pada launching adalah Kacabjari Tana Toraja, Deri F Rachman, Dandim1414 Tana Toraja Letkol Inf. Amril HairumanTehupelasury, para Dokter, dan tenaga kesehatan. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya