Usianya Masih Dibawah Umur, Tapi 3 Remaja Ini Sudah Pandai Curi Motor

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Entah karena iseng, kenakalan remaja, atau memang niat mau memiliki, namun ketiganya mengakui bahwa mereka memang mengambil satu unit sepeda motor milik seorang warga di Jalan Sangkombong, Kelurahan Tagari Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara.

Ketiga remaja yang masih dibawah umur ini melakukan aksi mencuri sepeda motor pada Senin, 29 April 2024 dini hari. Usia mereka masih 14-17 tahun.

Ketiga remaja dibawah umur yang melakukan pencurian ini, yakni VVT (17) warga Kecamatan Sopai, RSB (16) warga Kecamatan Dende’ Piongan Napo, YDB (14) warga Kecamatan Tallunglipu.

Kapolres Toraja Utara, AKBP Zulanda, melalui Plt. Kasat Reskrim, AKP Syahrul Rajabia, para pelaku berhasil diamankan oleh petugas di wilayah Kecamatan Sopai.

Baca Juga  Diisukan Muat Babi Sakit, Yulius: Hanya Satu yang Mati, Lainnya Sehat

“Iya benar, ketiga pelaku sudah kita amankan. Ketiganya merupakan pelaku yang tergolong anak dibawah umur,” terang AKP Syahrul, Selasa, 7 Mei 2024.

Diuraikan, peristiwa pencurian itu bermula saat ketiga pelaku melintas di Jalan Sangkombong, Tagari, pada Senin, 29 April 2024. Saat melintas, para remaja ini melihat ada sepeda motor metic merek Yamaha yang terparkir di pinggir jalan depan sebuah rumah kost.

Beberapa jam kemudian, para pelaku kembali ke lokasi dengan dengan berjalan kaki, lalu mendorong mendorong sepeda motor tersebut ke tempat yang sepi. Kemudian mereka berusaha menghidupkan mesin dengan cara menyambung langsung kabel pada kunci kontak.

Para pelaku berhasil menghidupkan mesin, kemudian membawa sepeda motor hasil curiannya ke wilayah Bua, Kecamatan Kesu’. Kemudian mereka membongkar dan membuang kap sepeda motor guna menghilangkan identitas dari sepeda motor.

Baca Juga  Sudah Lulus Tes PPPK, Nama Belasan Tenaga Kesehatan di Tana Toraja Tiba-tiba Diganti

Polsek Rantepao yang menerima laporan kehilangan dari korban bergerak cepat melakukan penyelidikan. Beberapa hari kemudian, Unit Reskrim Polsek Rantepao dipimpin Aipda Suandi dibackup Unit Resmob Polres Toraja Utara berhasil mengamankan ketiga pelaku.

Setelah diamankan beserta barang bukti berupa kap sepeda motor yang sudah dikanibal, para pelaku mengakui perbuatannya ketika diperiksa penyidik.

“Saat ini ketiga pelaku beserta barang bukti berupa kap sepeda motor milik korban telah kita amankan untuk dilakukan proses hukum. Untuk sepeda motornya sendiri, kami masih melakukan upaya pencarian,” tutup AKP Rajabia. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar