“Upe” Maskot Pilkada Toraja Utara 2024

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara menggelar peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2024.

Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara tahun 2024 digelar di Alun-alun Kota Rantepao, Jumat, 14 Juni 2024.

Pada peluncuran tahapan Pilkada 2024 ini, KPU Toraja Utara memperkenalkan “UPE” sebagai maskot Pilkada 2024.

“Upe” adalah tanaman endemik talas lokal yang hanya tumbuh di Toraja Utara tepatnya di Wilayah Kecamatan Baruppu’ dan sebagian wilayah Kecamatan Buntu Pepasan, Toraja Utara.

Pemilihan “Upe” sebagai maskot Pilkada 2024 ini terpilih dari pemenang sayembara yang digelar KPU Toraja Utara yakni desain maskot karya Marten Amba.

Baca Juga  RunToraja Maknai HUT 77 RI dengan Berlari 7,7 Kilometer Keliling Rantepao-Bolu

Semuel Rianto Tappi’, Koordinator Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Toraja Utara yang bertindak sebagai Plh. Ketua KPU dalam sambutannya pada peluncuran tahapan Pilkada 2024 mengurai filosofi dari “Upe” sebagai maskot Pilkada 2024.

“Upe” adalah jenis talas dengan cita rasa yang sangat nikmat dan gurih dibanding talas pada umumnya.

Meskipun rasanya sangat enak namun tidak semua masyarakat bisa menikmatinya setiap saat karena ketersediaan “Upe” dipasaran yang sangat terbatas.

Hal ini dikarenakan proses budidaya upe yang terbilang sulit karena jenis tanaman ini harus dikembangbiakkan dalam dua habitat yakni pada usia pembenihan harus ditanam di tanah yang kering lalu pada usia 3 bulan harus dipindahkan ke habitat air yang jernih dan mengalir hingga usia 8 bulan/ usia panen.

Baca Juga  Lembaga Adat Akan Dibentuk Secara Resmi di Kabupaten Toraja Utara

Proses budidaya yang rumit dan lama inilah yang membuat upe memiliki nilai jual yang cukup mahal disamping ketersediaan yang terbatas.

KPU Toraja Utara memilih maskot “Upe” selain untuk memperkenalkan tanaman endemik Toraja Utara, juga mengajak masyarakat Toraja Utara menumbuhkan motivasi untuk giat mengembangkan produk unggulan.

Karakteristik tanaman upe yang tidak bisa hidup disembarang tempat melainkan ditempat yang airnya bersih dan memiliki sirkulasi air diharapkan bisa dimaknai dalam kehidupan masyarakat Toraja Utara agar senantiasa tumbuh dan terus bergerak dan memberi manfaat bagi kehidupan. (*)

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Komentar