Turnamen Taekwondo “Passemba’ Toraya” Jilid 4 Siap Digelar, Diikuti 854 Atlet dari Seluruh Indonesia

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Open Turnamen Taekwondo se-Indonesia Passemba’ Toraya Mala’bi’ Cup 2023 siap digelar mulai besok, Selasa 19 s/d Sabtu 23 Desember 2023 mendatang di Gedung Tammuan Mali Makale.

Event ini akan diikuti oleh 854 atlet dari 31 Kontingen yang datang dari berbagai wilayah seluruh Indonesia.

Kesiapan pelaksanaan kegiatan ini disampaikan oleh Ketua Panitia Passemba’ Toraya Mala’bi’ Cup 2023 yang juga Sekretaris Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Tana Toraja, Elie Bernard bersama Ketua Taekwondo Tana Toraja selaku pelaksana kegiatan Indra Batara, Senin, 18 Desember 2023.

Dalam pemaparannya Indra Batara mengatakan pelaksanaan kegiatan Passemba’ Toraya Mala’bi’ Cup 2023 adalah event keempat kalinya digelar di Tana Toraja.

Baca Juga  Warga Toraja Utara Rebutan Kaos Ganjar-Mahfud

Pada tahun keempat ini, Panitia menyiapkan hadiah khusus yakni 1 unit sepeda motor dan dua unit sepeda gunung untuk para peserta.

Indra Batara mengatakan kegiatan ini akan memberi efek peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD) jika dikalkulasi dari jumlah atlet, official, pendamping dan orangtua atlet yang datang ke Tana Toraja diperkirakan 2.000 lebih orang.

Indra Batara mengatakan 854 atlet ini adalah atlet yang datang dari luar tidak termasuk atlet lokal dari Taekwondo Toraja kurang lebih 100 atlet.

Atlet yang datang ini berasal dari sejumlah daerah mulai dari yang terjauh dari Cikarang Jakarta, Palu, Morowali, Sulawesi Barat, Makassar dan daerah lain di Sulawesi Selatan.

Baca Juga  Belajar dari Youtube, 5 Remaja di Toraja Utara Berhasil Curi 8 Sepeda Motor

Passemba’ Toraya Mala’bi’ Cup 2023 akan dibuka secara resmi Selasa, 19 Desember 2023 diawali dengan defile peserta, tari tarian atraksi sisemba’, ma’parapa’ dan berbagai acara menarik lainnya.

 

Jumlah kelas yang dipertandingkan yakni 64 kelas mulai dari Usia 5 – 11 tahun , Usia 12 -14 tahun, usia 15-17 tahun, 18 keatas keatas.

Sementara itu, Ketua Panitia Passemba’ Toraya Mala’bi’ Cup 2023, Elie Bernard mengatakan persiapan panitia saat ini sudah hampir 100% dan siap untuk digelar.

Elie Bernard mengatakan kegiatan ini sangat didukung oleh Pemerintah Daerah karena akan sangat berdampak pada perputaran ekonomi dan promosi pariwisata.

Kegiatan ini bagian dari rangkaian kemeriahan event Lovely Desember 2023.

Baca Juga  Pertama Kali Digelar, Natal Tiktokers Toraja Berlangsung Khidmat

Elie bernard menguraikan temtang filosofi passemba’ toraya sebagai salah satu olahraga asli yang merupakan warisan kearifan lokal Toraja.

Passemba’ adalah adu kaki yang tumbuh sejak dahulu dari leluhur Toraja yang dilakukan sebagai bentuk ungkapan syukur pasca panen.

“Kita berharap semba’ ini kedepan bisa menjadi sebuah olahraga yang bisa diakui sebagai salah satu cabang olahraga prestasi yang sejajar dengar olahraga bela diri lainnya,” katanya.

Semba’ Toraya juga diharapkan menjadi salah satu sport turism yang mengundang kunjungan wisata ke Toraja. (*)

Penulis: Siska Papalangi’
Editor: Arthur

Komentar