Tongkonan dan Lumbung Tumbang Diterjang Angin Disertai Hujan

KAREBA-TORAJA.COM, SESEAN SULOARA — Angin kencang disertai hujan deras plus petir melanda wilayah pegunungan Toraja Utara, tepatnya di Kecamatan Sesean Suloara, Jumat, 24 Februari 2023 petang.

Cuaca ekstrim yang terjadi sekitar setengah jam,  mulai pukul 15.30 Wita itu, berdampak buruk bagi beberapa property milik warga seperti Tongkonan dan Alang (lumbung padi).

Satu unit tongkonan dan satu unit lumbung padi di dua lokasi berbeda di Kecamatan Sesean Suloara, rusak dan tumbang diterjang angin kencang tersebut.

“Ada satu Tongkonan yang masih dalam proses pembangunan di Tombang To’nangka Lembang Sesean Suloara yang rusak berat diterjang angin. Kemudian ada juga lumbung yang tumbang,” tutur Alan Tonapa, warga Sesean Suloara, yang dikonfirmasi via ponsel, Jumat, Sabtu, 25 Februari 2023 pagi.

Baca Juga  Crisis Centre Gereja Toraja Bantu Siapkan Peti Jenazah untuk Korban Longsor Buntao’ dan Siapkan Dapur Umum

Warga lainnya, Monika Rantesalu, menyebut lumbung padi yang tumbang diterjang angin itu terletak di Lebusan, Lembang Lempo, Kecamatan Sesean Suloara. “Kejadiannya pas yang angin kencang sekali,” kata Monika.

Alan Tonapa menerangkan bahwa kondisi cuaca seperti yang terjadi pada Jumat petang kemarin itu, baru dia lihat. “Selama saya hidup, barusan saya lihat cuaca begitu. Ngeri sekali, bagaimana yang mau digambarkan. Hujannya keras, angin kencang sekali, juga ada petir. Durasinya juga cepat, hanya sekitar setengah jam kalau saya tidak salah,” kata Alan.

Cuaca ektrim yang terjadi di wilayah pegunungan Toraja Utara, Jumat, 24 Februari 2023 juga memunculkan fenomena hujan es di wilayah Lembang Buntu Tondok, Kecamatan Buntu Pepasan. (*)

Baca Juga  56 Kasus, 1 Meninggal, Demam Berdarah di Rantepao Makin Gawat

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar