oleh

Tim Sapa Desa Kementerian Desa Menyapa Lembang di Kabupaten Toraja Utara

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Tim Sapa Desa dari Kementerian Desa berkunjung ke Kabupaten Toraja Utara dan diterima langsung oleh Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si didampingi Plt Sekretaris Dinas PML Kabupaten Toraja Utara, Agustinus L. Sumule S.TP di Bandara Toraja, Kamis, 18 Maret 2021 bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo dalam peresmian Bandara Toraja.

Tim Sapa Desa Kemendesa diinisiasi langsung oleh Gus Menteri Desa. Tim ini hadir karena Kementerian Desa memiliki paradigma bekerja melayani masyarakat secara mikro, bagaimanapun untuk membangun Indonesia harus dimulai dari Desa. Dalam kondisi pandemi covid 19, Tim Sapa Desa hadir secara efektif untuk mengetahui permasalahan dan potret desa.

Perjalanan Panjang Tim Sapa desa dari Jakarta menuju Rantepao tidak menyurutkan semangat Tim Sapa Desa untuk On the Spot ke Lokasi lembang (desa) di Kabupaten Toraja Utara. Ini merupakan kunjungan pertama mereka ke lapangan.

Tim Sapa Desa yang dikomandani Henny Mustika Sari, Novita Riani, Wahyuni Delyana Siregar dan Satya Novecty H. hadir secara on the spot di Toraja Utara untuk menjawab keraguan para Kepala Lembang (Desa) khususnya Kepala Lembang Misa’ba’bana mengenai keberadaan tim Sapa Desa, yang selama ini hanya menelepon desa- desa seiring maraknya penipuan melalui telepon yang mengatasnamakan kelembanggaan/kementerian.

Baca Juga  Mau Ikut Upacara Rambu Solo’ atau Rambu Tuka di Toraja Utara Wajib Perlihatkan Sertifikat Vaksin Covid-19

Kepala Lembang Misa’ba’bana pada awalnya meragukan keberadaan Tim Sapa Desa sehingga sempat bersikap non kooperatif saat ditelepon oleh Tim Sapa Desa, namun hal tersebut sudah teratasi dengan baik. Dia menyampaikan permohonan maaf dan berterima kasih karena Tim Sapa Desa bisa menjembatani komunikasi antara lembang dengan Kementerian Desa.

Kegiatan kunjungan Tim Sapa Desa menyapa Para Kepala Lembang dan TPP Kabupaten Toraja Utara bersama Kepala Dinas PML Toraja Utara, Ritha Rasinan, SE, MH didampingi Plt Sekdis Agustinus L. Sumule S.TP dan TA PM di AULA Sekretariat P3MD.

Dalam kunjungan ini Tim Sapa Desa menyapa para kepala Lembang dan juga mengindentifikasi kegiatan 2020, BLT-DD , penanganan Covid-19 serta perencanaan di tahun 2021 termasuk di dalamnya mengidentifikasi potensi, permasalahan dan kebutuhan di 111 lembang.

Baca Juga  Hadiri Peresmian Gereja Katolik Saloso, Ombas: Kita Mesti Miliki Budaya Malu

Dengan kehadiran Tim Sapa Desa secara on the spot ke lapangan, para Kepala Lembang merasa antusias karena menjadi ajang untuk curhat mengenai kondisi wilayah dan permasalahan yang mereka hadapi dan berharap Kementerian Desa melalui Tim Sapa Desa bisa menyampaikan potensi dan permasalahan mereka kepada Menteri Desa PDTT sehingga segera ada solusi untuk permasalahan yang dihadapi oleh lembang/desa.

Harapan kepala Lembang yang disampaikan dalam pertemuan dengan Tim Sapa Desa, agar Kebijakan dalam pemanfaatan Dana Desa juga bisa disesuaikan dengan kearifan lokal, tidak menyamaratakan semua Desa di Indonesia, mengingat karakter masyarakat di setiap daerah berbeda-beda.

Kepala Lembang juga berharap agar program yang positif ini terus berlanjut meskipun pandemi sudah usai karena sangat dibutuhkan oleh Kepala Desa di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, Tim Sapa Desa juga langsung menyapa Polisi Asi di Lembang Pata’padang Kecamatan Sanggalangi didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Toraja Utara, Mira Bangalino, S.STP dan Tim TA PM TPP Kabupaten Toraja Utara.

Baca Juga  Dinsos Toraja Utara Pasang Shelter dan Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Pangli

Pemerintah Lembang Pata’ Padang sangat antusias dan berterima kasih ketika Tim Sapa Desa langsung hadir melihat potensi Lembang dan juga membantu Lembang dalam memecahkan ketidakpahaman mereka mengenai aturan-aturan yang diturunkan dari Kementerian sebagai dasar bagi Lembang dalam menjalankan tugasnya.

“Kunjungan Tim Sapa Desa merupakan bukti nyata Gus Menteri Desa benar – benar ingin dekat dengan masyarakatnya dan kami berharap suatu saat Gus Menteri dapat hadir secara langsung melihat indahnya Lembang-lembang di Toraja Utara yang sudah mulai berbenah, apalagi Kabupaten ini memiliki pesona Negeri di atas Awan yang menjadi potensi pariwisata yang sangat luar biasa ” kata Kepala Lembang Pata’padang, Matius S. M. Allokaraeng.

Harapan Kepala Lembang Pata’padang juga merupakan harapan kepala lembang yang lain di Toraja Utara. (*)

Penulis: Arsyad Parende/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya