oleh

Tiga Duta Besar Berkunjung ke Objek Wisata Sa’pak Bayobayo Tana Toraja

KAREBA-TORAJA.COM, SANGALLA’ — Tiga Duta Besar negara sahabat mengunjungi objek wisata rohani Pusat Ziarah Keluarga Kudus Nasareth Sa’pak Bayobayo Toraja (PZKKN- SBT) yang terletak di Lembang Saluallo, Kecamatan Sangalla’ Utara, Tana Toraja, Rabu, 20 Oktober 2021.

Ketiga Duta Besar negara sahabat yang berkunjung tersebut, diantaranya Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G. Vorobyeva. Kemudian Duta Besar Serbia untuk Indonesia, H. E. Slobodan Marinkovic, dan Duta Besar Mozambik untuk Indonesia, Belmiro Jose Malate.

Sebelum ke Sa’pak Bayobayo, ketiga Duta Besar ini disambut oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq, Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa, dan Ketua DPC Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Toraja Utara, Damayanti Batti.

Baca Juga  Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Berkunjung ke Toraja, Termasuk ke Burake

Turut mendampingi para Duta Besar negara sahabat, anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa.

Di objek wisata Sa’pak Bayobayo, para Duta Besar ini disambut dua Pastor, yakni RD Yans Sulo dan RD Cornelius Tandiayu. Ikut menyambut, pengelola objek wisata rohani Sa’pak Bayo-bayo, Michael Andin.

Di objek wisata yang dibangun oleh Persekutuan Umat Katolik Toraja (Pukat) ini, para Duta Besar menjalani, mengikuti, dan mengagumi rute Jalan Salib yang mengelilingi patung Keluarga Kudus Nasareth.

Setelah berkeliling dan menelusuri rute Jalan Salib, para Duta Besar dijamu kopi Toraja dan makan siang oleh pengelola objek wisata.

Usai dari Sa’pak Bayobayo, ketiga Duta Besar ini kemudian mengunjungi objek wisata Lemo di Kecamatan Makale Utara, sebelum menuju ke Hotel di Toraja Utara.

Baca Juga  Satu Unit Rumah Terbakar di Rembon, BPBD Salurkan Bantuan
Tiga Duta Besar negara sahabat dierima oleh Pastor dan pengelola objek wisata rohani Sa’pak Bayobayo di Kecamatan Sangalla’ Utara, Tana Toraja.

Kunjungan ketiga Duta Besar ke Toraja ini sebenarnya merupakan rangkaian, juga dampak dari event promosi wisata Toraja and Beyond Tourism Week diinisiasi oleh MRT Jakarta, dimana pimpinan MRT Jakarta sekarang adalah putra Toraja, William Sabandar, tanggal 30 September hingga 3 Oktober 2021 yang lalu.

Sebelumnya, lima Duta Besar dijadwalkan menghadiri pesta kesenian Toraja yang berlangsung di Nanggala, Toraja Utara, 20-24 Oktober 2021. Kelima Duta Besar yang dijadwalkan hadir di acara tersebut, diantaranya Rusia, Serbia, Republik Ceko, Mesir, dan Mozambik. (*)

Penulis/Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya