Prihatin Kasus Bunuh Diri Makin Banyak, PKK Toraja Utara Gelar Seminar Kesehatan Mental

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Tim Penggerak PKK Kabupaten Toraja Utara menggelar Seminar Kesehatan Mental dengan tema “Toraja Utara Kota Sayang Anak” di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara, Selasa, 18 April 2023.

Seminar ini, menurut Ketua TP PKK Kabupaten Toraja Utara, Agustina M. Bassang, digelar atas keprihatinan terhadap maraknya kasus bunuh diri yang terjadi di Toraja beberapa waktu belakangan ini.

“Kasus bunuh diri yang cukup banyak saat ini, khususnya di kabupaten Toraja Utara adalah suatu keprihatinan dan menjadi tantangan bagi kita untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dan semua elemen masyarakat untuk berbuat dalam mendampingi anak-anak kita yang mengalami gangguan kesehatan mental,” tutur Agustina.

Baca Juga  Bawa Rombangan Besar dari Mimika ke Acara 110 Tahun IMT, Yusuf Rombe: Bentuk Rasa Syukur Kami Perantau

PKK, kata dia, mesti mengambil peran strategis dalam rumah tangga untuk mencegah kecenderungan atau keinginan anggota keluarga untuk melakukan tindakan bunuh diri.

“Seminar ini adalah wujud gerak  bersama Tim PKK dan semua unsur organisasi wanita Kabupaten Toraja Utara untuk peduli kesehatan mental anak dan remaja, mengingat  banyaknya anak dan remaja yang mengalami depresi dan gangguan jiwa atau mental lainnya yang berpotensi berujung keputusan bunuh diri,” terang Agustina.

Seminar yang menghadirkan konsuler jiwa asal Depok, Jawa Barat, dr Diana Ela Papayungan, Sp.Kj diikuti oleh Wakil Ketua TP PKK Toraja Utara, Damayanti Batti Palimbong, Kepala DP2AP2KB, beberapa  Camat, Sekretaris Inspektorat, Ketua TP PKK Kecamatan, Persit Kartika Candra Kirana Cabang Tana Toraja, Bhayangkari Cabang Toraja Utara, Dharma Wanita Kabupaten Toraja Utara, Dharmayukti Karini Cabang Tana Toraja, Adhyaksa Karini Cabang Tana Toraja, Dharma Wanita Depag Toraja Utara, Pengurus Pusat PWGT, Wanita Katolik Republik Indonesia Cabang Toraja Utara, Ikawan Kabupaten Toraja Utara, IBI Kabupaten Toraja Utara, Wanita Islam Cabang Toraja Utara, BKMT Cabang Toraja Utara, Wanita GPDI Cabang Toraja Utara, dan beberapa peserta lainnya.

Baca Juga  Srikandi Dewita "Dewi Sartika" di Toraja Eratkan Kebersamaan Lewat Senam

Dalam pemaparannya, dr Ela Papayungan SpKj menyampaikan bahwa tingkat gangguan mental kejiwaan di Toraja sangat tinggi yang dapat berujung dengan  potensi bunuh diri. Sehingga semua stakeholder yang ada harus bergandengan tangan berkolaborasi untuk mendeteksi secara dini anak dan remaja yang bermasalah.

“Saat ini sudah sangat mudah  melakukan   deteksi  dini  bisa melalui barcode  link ke google form yang sudah terhubung dengan Dinas Kesehatan  dan pusat layanan kesehatan terkait, dimana pasien akan dijaga privasinya dan ditangani oleh pihak yang berkompeten,” ujar dokter Ela.

Seminar ini dilanjutkan dengan langkah-langkah awal secara praktis mengangani masalah anak dan remaja, yang dilaksanakan di Hotel Misiliana bekerja sama dengan Kodim 1414 Tana Toraja, Rabu, 19 April 2023. (*)

Baca Juga  Mulai 20 November, KPU Toraja Utara Buka Pendaftaran PPK, Baca Persyaratannya di Sini

Penulis: Desianti/BB
Editor: Arthur

Komentar