oleh

Perkenalkan Dua Bersaudara yang Harumkan Tana Toraja di Berbagai Ajang Kejuaraan Taekwondo

Mereka, Gravance Syalom Tangirerung (12 tahun) dan George William Tangirerung (11 tahun) adalah dua bersaudara yang sering mencetak prestasi di berbagai kejuaraan Taekwondo, skala regional maupun nasional. Keduanya adalah siswa SDN 101 Makale 4, Tana Toraja.

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Kedua anak ini merupakan buah kasih dari pasangan Semuel Julianto dan Dewi Sari Esti.

Meskipun kedua orangtuanya tidak lagi bersama sejak 7 tahun lalu dan keduanya dibesarkan oleh Sang Ayah yang berasal dari Poton Kecamatan Bonggakaradeng, namun itu tidak menghalangi Kakak – Adik ini untuk mengukir prestasi di bidang olahraga Taekwondo.

Keduanya bahkan sudah mengharumkan Tana Toraja di berbagai ajang baik regional maupun nasional.

Saat ini keduanya duduk di bangku sekolah yang sama yakni Kelas VI di SDN 101 Makale 4, yang terletak di Kelurahan Lamunan, Kecamatan Makale, Tana Toraja.

Keduanya mulai mengikuti latihan Taekwondo sejak kelas 2 SD dan sejak itu juga mulai rutin mengikuti kejuaraan lokal dan mengukir prestasi.

Di kejurnas Taekwondo Passemba Toraya Maelo pada tahun 2019, sang adik George William Tangirerung berhasil keluar sebagai juara 3.

Setelah Pandemi Covid-19, kejuaraan lokal kembali digelar Mei 2022 lalu dan kedua kakak – adik ini berhasil meraih juara II di masing-masing kelas yang diikutinya.

Baca Juga  Relawan The-Za dan Garda JRM Gelar Aksi Bersih Sampah di Kota Makale

Prestasi ini yang membawah keduanya lolos seleksi kejuaraan Open Tournament Tamarunang Cup regional Indonesia Timur yang di gelar di GOR Sudiang Makassar Juni 2022. Di Turnamen ini keduanya berhasil meraih emas di masing-masing kelas yang diikuti.

Baru-baru ini, bersama 37 atlet Tona Toraja lainnya, kedua kakak – adik ini kembali mewakili Tana Toraja di ajang Kejuaraan Nasional Taekwondo Central Celebes Open Tournament se-Indonesia 2022 yang digelar di Kota Palu, Sulawesi Tengah pada 29 – 30 Juli 2022.

Dari 37 atlet yang mewakili Tana Toraja, 8 Atlet meraih Medali Emas dan 2 Atlet lainnya menyabet Medali Perak pada Kejuaraan Nasional tersebut. Sang adik George William Tangirerung berhasil meraih emas pada kategori Kyorugi Pra Cadet Putra Under 26 Kg sementara sang Kakak Gravance Syalom Tangirerung belum berhasil meraih medali namun sudah ikut mengharukan nama Tana Toraja.

Selain George Wiliam Tangirerung, 9 Atlet Taekwondo Tana Toraja lainnya yang meraih Medali di ajang ini yakni Ariol Praja Kala’lembang, Juara 1 Kategori Kyorugi Pra Cadet Putra Under 28 Kg, Joaquin Aditya Parinding, Juara 1 Kategori Kyorugi Pra Cadet Putra Under 28 Kg, Juan Angelo Parinding, Juara 1 Kategori Kyorugi Pra Cadet Putra Under 25 Kg, Gilbert Vedrio Pakiwa, Juara 1 Kategori Kyorugi Pra Cadet Putra Under 25 Kg, Alexa Dwi Aprilia, Juara 1 Kategori Kyorugi Pra Cadet Putri Under 25 Kg, Salsabilla Azzahra, Juara 1 Kategori Kyorugi Pra Cadet Putri Under 41 Kg, Arrang Dinata Batara Randa, Juara 1 Kategori Kyorugi Pra Cadet Putra Under 28 Kg, Putri Samara, Juara 2 Kategori Kyorugi Senior Putri Under 49 Kg, Asprianti Amba Datu, Juara 2 Kategori Senior Putri Under 57 Kg.

Baca Juga  Warga Enrekang Ini Sebut Bandara Toraja Sangat Efektif Menunjang Aktivitas Masyarakat

Atas prestasi yang diukir kedua kakak – adik ini, pihak sekolah tempat mereka menimbah ilmu, yakni di SDN 101 Makale 4 turut memberikan apresiasi.

Di sela-sela upacara bendera, Senin, 8 Agustus 2022, Kepala SDN 101 Makale 4, Yulianti Limbong, S.Pd menyerahkan medali dan piagam penghargaan untuk kedua kakak – adik, Gravance Syalom Tangirerung dan George William Tangirerung.

Di hadapan seluruh siswa dan guru, Kepala SDN 101 Makale 4, Yulianti Limbong menyampaikan bahwa apa yang dicapai keduanya betul-betul menjadi motivasi bagi anak-anak yang lain.

“Ini juga menjadi suatu kebanggaan bagi kami bahwa siswa kami tanpa diprogramkan di sekolah pun mereka inisiatif mengikuti kegiatan yang skalanya nasional dan berhasil mengharumkan nama kabupaten,” kata Yulianti Limbong.

Baca Juga  Jangan Mudik, Ada Polisi Berjaga di Semua Perbatasan Toraja

Yulianti Limbong mengatakan pihaknya akan terus memotivasi anak-anak untuk kegiatan yang lain, baik itu prestasi di bidang akademik maupun olahraga, anak-anak akan terus dipacuh dan dipicuh semangatnya karena ini merupakan titik awal setelah sekian lama vakum akibat pandemi.

Gravance Syalom Tangirerung dan George William Tangirerung berfoto bersama Kepala SDN 101 Makale 4, serta para guru usai menerima piagam penghargaan dari sekolah. (AP/Kareba Toraja).

Sementara itu, Indra Batara Randa selaku Pelatih Utama Taekwondo Tana Toraja yang selama ini melatih anak-anak Toraja menjadi atlet berprestasi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Tana Toraja dan semua pihak yang telah mendukung Taekwondo Tana Toraja sehingga berhasil mengukir prestasi membanggakan dan mengharumkan Tana Toraja dalam berbagai kejuaraan, baik regional maupun nasional.

Kebahagiaan juga dirasakan oleh Sang Ayah yakni Semuel Julianto M. Semuel Julianto mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diraih kedua putranya tersebut dan berterimakasih kepada semua pihak yang membantu kedua anaknya berprestasi khususnya kepada pelatih dan guru-gurunya di sekolah. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar