Perayaan Natal Ikatan Kerukunan Keluarga Toraja (IKKT) Halmahera Tengah Berlangsung Meriah

KAREBA-TORAJA.COM, MALUKU UTARA — Ratusan warga Toraja yang tergabung dalam Ikatan Kerukunan Keluarga Toraja (IKKT) Halmahera Tengah mengikuti perayaan Natal di Kampung Lelief Sawai, Kecamatan Weda Tengah, Halmahera, Sabtu, 9 Desember 2023 malam.

Meski jauh dari kampung halaman, ratusan warga Toraja saling berbagi cerita dan menikmati momen Natal dengan penuh sukacita dan kemeriahan.

Perayaan Natal yang berlangsung pada Sabtu, 9 Desember 2023 itu merupakan puncak dari beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh warga Toraja di Halmahera Tengah.

Ketua Panitia Pelaksana Natal 2023, Marthen, dalam laporannya menyampaikan bahwa sebelum acara puncak Perayaan Natal IKKT Halmahera Tengah ini,panitia telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk memeriahkan Natal Tahun ini.

Baca Juga  IKT Jayawijaya Serahkan Bantuan Kepada Korban Bencana Longsor di Tana Toraja

“Sebelum acara puncak pada Ibadah Natal malam ini, kita telah melaksanakan beberapa kegiatan perlombaan untuk memeriahkan perayaan Natal kali ini.  Adapun kegiatan yang di maksud adalah, Sepak Takrow, Tarik Tambang, Lari Karung, dan Lomba Makan Kerupuk untuk anak-anak,” ungkap Marthen.

 

Sementara itu, Ketua Umum IKKT Halmahera Tengah, Elvi Yuliana Tandi R. dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Toraja yang saat ini berada atau berdomisili di Kabupaten Halmahera Tengah  untuk selalu menjaga kedamaian dalam hidup bermasyarakat.

“Sebagaimana tema Natal tahun ini, yang telah di tetapkan oleh PGI dan KWI yaitu Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi, yang kita tuangkan dalam Sub Tema Perayaan Natal kita malam ini yaitu “Melalui Perayaan Natal, Kita Pererat Tali Persaudaraan dalam lingkungan kerja dan dalam hidup bermasyarakat, tentunya lewat tema dan sub tema Natal ini, saya mengajak dan sudah menjadi kewajiban kita semua untuk selalu memper erat tali persaudaraan dalam lingkungan kerja kita, dan dalam hidup   bermasyarakat di daerah halmahera tengah ini,” harap Elvi Yuliana.

Baca Juga  Rapat Kerja I IKAT Jabodetabek Usung Tema Kebersamaan

Lebih lanjut Elvi Yuliana Tandi, menyampaikan bahwa perayaan Natal IKKT Halmahera Tengah kali ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan. Ini menjadi pembuktian Bahwa persatuan seluruh perantau Toraja yang ada di Halmahera Tengah masih terus terjaga sampai hari ini.

“Sebagaimana yang kita ketahui bersama, sampai pada hari ini, jumlah masyarakat Toraja yang berada di Halmahera Tengah kurang lebih berjumlah seribuh orang,” pungkas Elvi Yuliana. (*)

Citizen Reporter: Risal Dorra (Sekretaris IKKT Halmahera Tengah)
Editor: Arthur

Komentar