oleh

Semprot Disinfektan di Kampus Akbid Sinar Kasih, Polisi Gunakan Water Canon

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Kepolisian Resor Tana Toraja mengerahkan satu unit kendaraan water canon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di komplek kampus Akademi Kebidanan (Akbid) Sinar Kasih Makale.

Penyemprotan disinfektan yang berlangsung pada Sabtu, 19 Juni 2021 itu dilakukan karena ada 36 mahasiswa penghuni asrama Akbid Sinar Kasih yang terdeksi positif Covid-19.

Kapolres Tana Toraja, AKBP Sarly Sollu mengatakan penyemprotan disinfektan ini dilakukan untuk mencegah sekaligus membasmi virus Corona di lingkungan rumah sakit, kampus, maupun asrama mahasiswa Akbid Sinar Kasih.

Selain menyemprot disinfektan, Kepolisian Resor Tana Toraja juga menempatkan sejumlah personil untuk menjaga lingkungan rumah sakit, kampus, maupun asrama mahasiswa Akbid Sinar Kasih. Bahkan penjagaan terhadap lingkungan Sinar Kasih ini langsung dipimpin Kasat Sabhara, AKP G. Munda.

Baca Juga  Mengintip Wanita Penghuni Kost di Tiga Lokasi di Makale, Pria Ini Ditangkap Polisi

Kepada wartawan, Munda menyatakan pihaknya tidak memperkenankan siapapun dari luar asrama untuk memasuki asrama, sambil menunggu hasil dari Dinas Kesehatan yang melakukan trecing terhadap para mahasiswa yang terpapar virus Corona.

“Kita lakukan pembatasan untuk meminimalisir mobilitas orang, baik penghuni asrama maupun orang dari luar,” ujar Munda.

Pembatasan ini juga dilakukan karena lokasi asrama yang dekat dengan rumah sakit dimana aktivitas keluarga pasien maupun kerabat cukup tinggi.

Namun hal tersebut direspon pihak rumah sakit Sinar Kasih dengan melakukan pembatasan terhadap kunjungan keluarga atau kerabat pasien. Meskipun pelayanan kepada pasien di rumah sakit tetap berjalan, namun pengunjung maupun penjaga pasien dibatasi.

“Untuk sementara kami meniadakan jam besuk pasien dan membatasi kunjungan keluarga atau kerabat pasien,” jelas Direktur RS Sinar Kasih, Sutrisno Papayungan.

Baca Juga  Pasca Debat Publik, Kapolres Tana Toraja Bubarkan Kerumunan Massa, Diduga Pendukung Paslon

Diberitakan sebelumnya, jumlah penghuni asrama mahasiswa Akademi Kebidanan (Akbid) Sinar Kasih Makale yang positif terpapar Coronavirus Disease (Covid-19) bertambah.

Dalam rilis sebelumnya, disebutkan jumlah 22 orang. Setelah petugas melakukan trecing dan tes kepada puluhan penghuni lain, jumlah mahasiswa yang positif terpapar virus Corona bertambah 14 orang.

“Iya, bertambah 14 (orang), tapi belum dirilis,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja, dr Ria Minoltha Tanggo, saat dikonfirmasi kareba-toraja.com, Jumat, 18 Juni 2021.

Dia menerangkan, saat ini, bagi mahasiswa yang mengalami gejala dilakukan isolasi di RSUD Lakipadada.

Soal sumber penularan, terang dr Ria, saat pihaknya masih melakukan trecing (penelusuran). “Kita balum tahu darimana sumbernya, masih dilakukan trecing, belum bisa disimpulkan,” katanya. (*)

Baca Juga  Percepat Pencairan Gaji 13 ASN Toraja Utara dan Tana Toraja, KPPN Makale Buka Layanan Hari Sabtu dan Minggu

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya