oleh

Pekan Pemuda KNPI Toraja Utara Diapresiasi Banyak Pihak

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Pekan Pemuda yang digelar KNPI Toraja Utara dari tanggal 25-30 Oktober 2021 mendapat aprsiasi banyak pihak. Itu terlihat dari ungkapan para pihak yang menghadiri  Malam Anugerah Pekan Pemuda KNPI Toraja Utara di halaman Art Centre Rantepao, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Pekan Pemuda yang digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober ini diisi dengan beberapa kegiatan, diantaranya turnamen sepak bola KNPI Cup berhadiah satu ekor kerbau, lomba cerdas cermat 4 Pilar Kebangsaan, lomba pidato, lomba tari pagellu tua, lomba solo, Expo UMKM dan kegiatan lomba dari UPT. Museum Pongtiku Toraja bekerjasama dengan Dekranasda Toraja Utara dalam rangka HUT Museum Nasional.

“Kami dari KNPI Sulsel sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Pemuda KNPI Toraja Utara. Ini betul-betul menghidupkan kembali semangat entrepreneur muda di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Ketua KNPI Sulsel, Nurkanita Maruddani Kahfi yang hadir didampingi jajaran Wakil Ketua DPD KNPI Sulsel menyaksikan persembahan atraksi, teater dan hiburan musik pada Malam Anugerah Pekan Pemuda KNPI Toraja Utara, Sabtu malam.

Baca Juga  KNPI Toraja Utara Gelar Turnamen Sepak Bola, Hadiah Utamanya 1 Ekor Kerbau
Ketua KNPI Sulsel, Nurkanita Maruddani Kahfi sangat mengapresiasi kegiatan Pekan Pemuda KNPI Toraja Utara.

Nurkanita juga mengatakan bahwa momentum ini, KNPI Toraja Utara hadir mengangkat kreativitas pemuda dan nilai kebudayaan dengan kualitas dan identitasnya, kekayaan budaya dimiliki Toraja mantap sekali, dan inilah sebuah persembahan KNPI memotret potensi dan bakat anak muda.

“KNPI Toraja Utara selalu hadir untuk mampu mengkonsolidasi yang ada dan tentu menjalin kemitraan yaitu dukungan dari pemerintahnya,” harapnya.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong juga mengapresiasi kegiatan Pekan Pemuda KNPI Toraja Utara dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda yang melibatkan pemuda dengan menunjukan bakat mereka.

“Di tahun 2030-2045, tidak saja Generasi Z lahir tapi juga generasi yang akan menjadi tulang punggung bonus demografi Indonesia, dimana jumlah usia produktif jauh lebih banyak maka itu harus dipersiapkan dari sekarang,” terang Dedy, sapaan akrab Frederik Victor Palimbong.

Baca Juga  KNPI Toraja Utara Luncurkan Buku “Banne Toraya”, Pjs. Bupati: Semoga Jadi Inspirasi

Ia berpesan agar KNPI Toraja Utara menyiapkan diri agar bagaimana persiapkan masa depan yang bukan hanya membahas jangka panjang tapi juga tantangannya.

“Tantangan Toraja Utara ke depan adalah membereskan infrastruktur dan internet sampai ke pelosok desa, 74 blank spot dan kecamatan masih membutuhkan internet,” ungkapnya.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victo Palimbong memberikan sambutan pada penutupan Pekan Pemuda KNPI Toraja Utara.

Frederik juga mengatakan bahwa tanggung jawab di pundak para pemuda dan KNPI hadir sebagai wadah bagi para pemuda sehingga mengajak pemuda mari berkerjasama, bersatu, dan bangkit tumbuh.

“Wujudkan karya kalian di Toraja Utara, pengurus KNPI harus melihat peluang dan tantangan kedepan, dan saya harap kalaupun ada event lagi maka libatkan pemuda sehingga persatuan pemuda semakin nampak,” katanya.

Baca Juga  Tari Pagellu Tua Diperlombakan pada Pekan Pemuda, Ayo Buruan Daftar

Dedy berharap banyak lagi kegiatan dalam rangka memulihkan perekonomian agar bagaimana memulihkan kembali pariwisata Toraja.

Malam Anugerah Pekan Pemuda digelar oleh DPD I KNPI Toraja Utara sekaligus penutupan rangkaian kegiatan lomba Pekan Pemuda yang digelar di Art Centre Rantepao, Kabupaten Toraja Utara.

Para tamu undangan dan sponsor hadir mengikuti acara, seperti Ketua DPD I KNPI Sulsel, Nurkanita Maruddani Kahfi bersama pengurus, Sekretaris Jenderal PMTI Dating Palembangan, Ketua IKT Yalimo sekaligus Sekwan Yalimo, Estevanus Lolo Kassa, Ketua IKT Manokwari Appi Pakilaran dan staf Senator DPD RI Lily Amelia Salurapa dan para perwakilan sponsor. (*)

Penulis: Arsyad Parende/Rls
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya