Pansus DPRD Beri 22 Catatan untuk LKPj Bupati Tana Toraja Tahun 2023

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tana Toraja menggelar Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Laporan Hasil Pembahasan Pansus terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tana Toraja tahun anggaran 2023.

Kegiatan ini dilksanakan di ruang rapat paripurna gedung DPRD Kabupaten Tana Toraja, Rabu 22 Mei 2024, yang dihadiri Wakil Bupati Tana Toraja, Dr. Zadrak Tombeq dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tana Toraja, Welem Sambolangi, rapat paripurna ini dihadiri 13 anggota DPRD Tana Toraja termasuk pimpinan dari jumlah keseluruhan sebanyak 30 anggota.

Dari pembahasan LKPj yang dilaksanakan mulai tanggal 17 April sampai dengan 21 Mei 2024, Panitia Khusus (Pansus) LKPj Bupati Tana Toraja tahun 2023 merekomendasikan 22 catatan dan 7 saran terhadap DPRD Tana Toraja Tahun Anggaran 2023.

Baca Juga  LPPM STIKES Tana Toraja Edukasi PHBS dan Gerakan Sadar Stunting di Puskesmas Tallunglipu

Dari 22 catatan dan 7 saran tersebut, salah satu diantaranya Pansus meminta penjelasan kepada Pemda terkait laporan angka stunting dimana Kabupaten Tana Toraja menempati urutan ke-24 se Propinsi SulSel dengan anggaran kurang lebih Rp 27 miliar yang dialokasikan pada beberapa OPD di Kabupaten Tana Toraja Tahun Anggaran 2023.

Hal ini kemudian ditanggapi langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Zadrak Tombeq. Ia mengatakan dinas terkait telah melakukan pendataan langsung di lapangan dan tidak menemukan kasus stunting yang berlebihan.

“Data terbaru dari E-PPGBM menunjukkan angka stunting di Tana Toraja pada Agustus 2023 berada di angka 15,42% yang berarti terdapat penurunan sebesar 2,27% dalam enam bulan terakhir,” terang Zadrak Tombeq.

Baca Juga  Bantuan Mobil Operasional Diharapkan Bisa Tingkatkan Kinerja PMI Toraja Utara

Zadrak juga menegaskan usaha untuk menekan angka stunting perlu terus ditingkatkan untuk memastikan semua anak di Wilayah Tana Toraja mendapat kebutuhan gizi yang cukup.

Penulis: Indra
Editor: Arthur

Komentar