Lagi, Alvaro Sambo Promosikan Budaya Toraja di Hainan, Cina

KAREBA-TORAJA.COM, HAINAN — Putra blasteran Toraja-Bali, I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo kembali memperkenalkan dan mempromosikan budaya Toraja di Hainan China.

Alvaro Sambo berpartisipasi dalam ajang pameran UMKM Indonesia kerjasama pemerintah Indonesia dengan Sanya Hainan China, dari tanggal 22-26 Januari 2024,

Sebelumnya, anak laki-laki dari pasangan Yohanis Pongmadeng, M.A.B.S., M.Th, dengan Ni Putu Yenny Susyana, SE itu juga berpartisipasi di ajang Melaka International Culture Festival dari tanggal 8-10 Desember  2023 di Atrium Utama Mahkota Parade, Melaka, Malaysia.

I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo merupakan salah satu anak yang tergabung dalam Delegasi UMKM Indonesia. Mereka mengikuti pameran ini atas kerjasama pemerintah Indonesia dengan pemerintah Sanya Hainan China.

Baca Juga  Sahabat ESR Salurkan Beasiswa PIP Tahun 2023 di Kecamatan Rantebua, Toraja Utara

Alvaro Sambo diundang ke pameran Internasional itu, karena prestasi-prestasi yang diukirnya, terutama di bidang tarik suara, baik di tingkat nasional maupun internasional.

I Gede Alvaro Benbarzilai Sambo sukses menampilkan perform yang sangat bagus dengan kostum busana Toraja di pameran UMKM, yang berlangsung sejak 22-26 Januari 2024 tersebut.

Pameran UMKM tersebut diselenggarakan dengan harapan bahwa kegiatan ini mampu mewakili Indonesia khususnya seni dan budaya yang dapat ditampilkan dalam program warisan budaya nusantara dan diharapkan dapat menarik dunia internasional untuk mengenal lebih banyak warisan Nusantara serta budaya peninggalan sejarah dan mampu meningkatkan kunjungan wisata ke wilayah Indonesia yang selama ini jarang mendapatkan kesempatan untuk promosi dan tampil pada kegiatan skala internasional.

Baca Juga  OPINI: Kegelisahan yang Terus Berharap Terhadap Toraja

Penyanyi cilik delegasi Indonesia yang berdarah Toraja yang biasa disapa Ben ini adalah Putra dari Yohanis Pongmadeng, M.A.B.S., M.Th, dan Ibu dari Bali atas nama Ni Putu Yenny Susyana, SE memang sudah tidak diragukan lagi karena sudah biasa tampil diajang lomba, baik di daerah, maupun ditingkat nasional dan international.

Ben pernah mendapat medali emas di ajang Pesparawi 2022 lalu di Yogyakarta. Juga meraih  juara 2 dengan medali perak di Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Agustus 2023. Pada ajang ini, peraih juara 1 adalah Gimel Grtcia, siswa SD Kristen Rantepao 5, Toraja Utara.

Ben juga pernah mendapat medali emas dan masuk finalis Grand Prix di Bali International Choir Festival (BICF) Juli 2023 lalu.

Baca Juga  DPRD Tana Toraja Akan Pertanyakan Nasib PPPK Nakes yang Kelulusannya Dianulir ke BKN

Yohanis Pongmadeng, ayah Alvaro Sambo, berharap ke depan, anaknya bisa mengembangkan bakatnya dan berprestasi lebih banyak lagi. Dia juga memohon doa dan dukungan dari semua kalangan, termasuk Sang Torayaan. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar