Kios-kios di Pasar Sore Rantepao Dibongkar Pemerintah

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Ratusan lapak/kios pedagang di Pasar Sore Rantepao dibongkar Satpol PP Toraja Utara, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Proses pembongkaran berjalan lancar tanpa perlawanan dari masyarakat maupun pedagang.

Satu peleton Brimob dan polisi dari Polres Toraja Utara diback up personil Kodim 1414 Tana Toraja mengawal proses pembongkaran pasar yang berlokasi di Kelurahan Penanian, Kecamatan Rantepao ini.

Kapolres Toraja Utara, AKBP Eko Suroso terlihat memantau langsung proses pengamanan pembongkaran kios dan lapak pedagang.

Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama’ dan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, juga terlihat memantau di lokasi.

Proses pembongkaran berlangsung lancar karena sehari sebelumnya para pedagang sudah memindahkan barang dagangan mereka. Proses pemindahan dilakukan pedagang sejak Jumat, 26 Agustus 2022 pagi hingga malam.

Baca Juga  Toraja Utara Bakal Dapat Hibah 5000 PJU Tenaga Surya dari BIFBWD

Meski begitu, Satpol PP yang melakukan pembongkaran menurunkan tim yang lengkap. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Sebuah ambulance lengkap dengan petugas medis terlihat standby di sudut Pasar Sore.

Sebelum proses pembongkaran dilakukan, jaringan listrik di sekitar Pasar Sore dan Art Centre Rantepao dipadamkan.

Ratusan pedagang yang sebelumnya sudah berupaya dengan berbagai cara untuk mendapatkan lokasi dan fasilitas yang layak dari pemerintah, menunggu hingga detik-detik terakhir baru pindah.

Mereka diberikan lokasi di Jalan Abdul Gani, depan Pasar Pagi Rantepao, Kelurahan Malangngo’. Hampir semua pedagang dari Pasar Sore direlokasi ke tempat ini.

Ketua DPRD Toraja Utara, Wakil Bupati Toraja Utara, Kapolres, dan perwakilan pedagang bernegosiasi mendapatkan lokasi ini dengan alot. Bahkan mereka harus berbicara hingga dinihari pada Jumat, 26 Agustus 2022.

Baca Juga  “Hujan Es” Terjadi Lagi di Toraja

Alun-alun Kota Rantepao

Pemerintah Kabupaten Toraja Utara berkeras membongkar kios-kios di Pasar Sore Rantepao karena area ini akan dibangun Alun-alun Kota Rantepao dan gedung Perpustakaan moderen.

Tidak hanya kios-kios pedagang, sejumlah bangunan milik pemerintah yang ada di Art Centre Rantepao, juga akan dibongkar semua.

Menurut rencana, pembangunan Alun-alun Kota Rantepao akan dilaksanakan setelah semua bangunan dibongkar. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur  

Komentar