oleh

Bakal Calon Bupati Luwu Bertemu Budayawan Toraja, Bahas Kolaborasi Budaya dan Pilkada

KAREBA-TORAJA.COM, LUWU — H. Harbi Syam, SH, pria kelahiran Bajo, 23 September 1962 adalah salah satu figur yang mulai mempersiapkan diri menatap Pilkada Luwu 2024.

Harbi Syam adalah pengusaha sekaligus politisi yang selama ini berkarir di Papua Barat. Dia tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Papua Barat dua periode. Ia terpilih melalui Partai Gerindra pada periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Sebagai putra Tanah Luwu yang terbilang sukses di rantau, Harbi mengaku berkewajiban untuk turut berpartisipasi dalam membangun kemajuan daerah kelahirannya.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin ini juga termasuk sosok pemerhati budaya. Harbi Syam menyebut salah satu kemajuan daerah ketika daerah tidak kehilangan identitasnya.

Baca Juga  Grup Band Slank Syuting Video PKN di Beberapa Objek Wisata Toraja

Cita-cita Harbi Syam adalah bagaimana menghadirkan pemimpin di Luwu yang mampu mengkolaborasi budaya.

Harbi menyebut 35% penduduk Luwu adalah pendatang dan dari 35% itu yang terbanyak adalah suku Toraja. “Sehingga tugas kita bagaimana agar perpaduan budaya Luwu dan Toraja ini bisa berkolaborasi membangun kemajuan daerah,” katanya.

Hal ini disampaikan Harbi Syam di rumahnya di Bajo, Kabupaten Luwu, Kamis, 10 Februari 2022 saat bertemu dengan salah satu Budayawan Toraja Sismay Eliata Tulungallo yang akrab disapa Pong Era.

Pong Era juga adalah salah satu budayawan Toraja yang yang cukup menguasai tatanan budaya di daerah Basse Sangtempe (Bastem). Bahkan Pong Era pernah menjadi Ketua Tim Peneliti Sejarah dan Budaya Basse Sangtempe yang disusun dalam satu buku berjudul “Basse Sangtempe Dalam Prespektif Sejarah dan Budayanya”.

Baca Juga  Video Grup Band Slank yang Syuting di Toraja Sudah Tayang di Youtube “Budaya Saya”

Selama berkarir di Tana Papua, Harbi Syam yang aktif di Organisasi Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Harbi Syam adalah Mantan Ketua Basan Pengurus Cabang (BPC) KKSS Kota Sorong 2004-2009 dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Provinsi Papua Barat.

Selain sebagai Politisi Pengusung Tagline “Poros Baru” Luwu ini juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Mutiara Iriana di Sorong, Komisaris Utama PT Tiara Soraya di Sorong dan Direktur Utama PT Tri Abadi Manunggal Sejahtera di Jakarta.

Suami dari Hj. Hasni Rusli ini bahkan pernah mengajar selaku Dosen Luar Biasa di Universitas Muhammadiyah Sorong. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Editor: Arthur

Baca Juga  Berikut, Nama 125 Ukiran Toraja yang Sudah Mendapat Sertifikat Hak Cipta dari KemenkumHAM

Komentar

Berita Lainnya