oleh

Dukung Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba, Pekerja Media Diperkuat Kapasitasnya

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tana Toraja melaksanakan Workshop Penguatan Kapasitas kepada pekerja media untuk mendukung Kabupaten Tanggap Ancaman Narkoba.

Workshop ini digelar Aula Ayam Penyet Ria Rantepao, Rabu, 18 Mei 2022. Belasan pekerja media di Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja dilibatkan dalam kegiatan ini.

Ketua Panitia Workshop, Junaidi menyampaikan tujuan kegiatan adalah melatih pekerja media selaku penggiat sekaligus nomisator terkait bahaya narkotika, konsistensi, dan komitmen tinggi dari rekan media membantu memberitakan terkait bahaya penggunaan narkoba.

Salah satu narasumber dalam Workshop ini, AKP Zusandy mengatakan penyalahgunaan narkotika dapat dilihat dari aspek hukum berdasarkan UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Baca Juga  Ribuan Pelayat Antar Jenazah Gabriella Meilani, Korban Kebrutalan KKB Papua, ke Peristirahatan Terakhir

Berdasarkan aspek hukum dilihat tujuannya adalah menjamin ketersediaan narkotika untuk kepentingan pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dibagi menjadi beberapa golongan seperti Golongan I : digunakan sebagai pengembangan IPTEK, Golongan II : digunakan sebagai sarana pengobatan pilihan terakhir dan Golongan III: digunakan untuk terapi dan pengembangan IPTEK.

Junaidi, S.P dari BNN Tana Toraja memaparkan gambaran umum penyalahgunaan narkoba. Dia kemudian memberi beberapa contoh kasus penyalahgunaan narkoba di Toraja Utara melibatkan beberapa stakeholder seperti Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Diantara bekerja di Dinas Kesehatan di Toraja Utara, Mantan Camat di Toraja Utara, anak dari seorang pendeta memakai narkoba, pegawai Lapas di Rutan Makale, dan kurir anak SMP asal Pinrang menyalahgunakan narkoba di Toraja. Indonesia ini darurat narkoba sehingga perlu kerjasama baik untuk melawan hal ini,” tegasnya.

Baca Juga  Bupati Toraja Utara Ikut Menari Bersama Paduan Suara Pada Upacara Hardiknas

Selain itu, ada juga beberapa narasumber yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut yakni Mario yang memberikan materi komunikasi dan Yoel Rombe Datubakka membawakan materi tentang peran media dalam melawan penyalahgunaan narkoba.

Hadir dalam kegiatan itu mewakili Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, Plt. Sekretaris Dinas Kominfo-SP, Frans sulo, S.Sos dan perwakilan dari Diskominfo Tana Toraja. (*)

Penulis: Gabriel Steven
Editor: Arthur

Komentar