oleh

Asdep SDM Pariwisata Kemenko Marves dan Anggota DPRD Sulsel Kunjungi Toraja Highland Festival

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Asisten Deputi Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Hermin Esti Setyowati, mengunjungi pameran UMKM, yang dilaksanakan pada event Toraja Highland Festival (THF) di Lapangan Bakti Rantepao.

Saat berkunjung, Hermin Esti Setyowati didampingi anggota DPRD Provinsi Sulsel, John Rende Mangontan dan Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga, Edi Susilo.

Selain mengunjungi dan melihat pameran UMKM di Lapangan Bakti Rantepao, Hermin Esti Setyowati juga mengunjungi beberapa objek wisata di Toraja Utara.

Ketua DPC Masata Toraja Utara (penyelenggara THF 2021), Damayanti Batti berharap, kehadiran Asdep SDM Pariwisata Kemenko Marves tersebut bisa melihat dari dekat isu serta permasalahan kualitas SDM pariwisata, juga ekonomi kreatif di Toraja Utara.

Baca Juga  Mulai Hari Ini, Retribusi Parkir Diberlakukan di Terminal dan Pusat Bisnis di Toraja Utara

“Kita berharap kedatangan Asdep SDM Pariwisata Kemenko Marves ini bisa melihat dari dekat isu dan permasalah pariwisata, kemudian bisa menyampaikannya ke pemerintah pusat agar kita bisa dibantu,” ungkap Damayanti.

Sebelumnya, Meteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dijadwalkan menghadiri event promosi wisata, Toraja Highland Festival di Toraja Utara. Namun hingga hari keempat gelaran THF, Luhut belum hadir.

Sementara itu, anggota DPRD Sulsel, John Rende Mangontan berharap kegiatan atau event semacam ini lebih ditingkatkan di masa mendatang sehingga bisa berdampak positif kepada masyarakat, pengusaha ekonomi mikro dan pemerintah daerah.

“Untuk mencapai hal tersebut, maka ke depan pemerintah perlu bekerja sama dengan semua pihak untuk melakukan pelatihan-pelatihan namun tetap mempertahankan unsur muatan lokal. Pemerintah juga bisa bekerja sama dengan BUMN dalam hal pemasaran,” ujar John Mangontan, Rabu, 6 Oktober 2021.

Baca Juga  Wabup Toraja Utara Minta Masyarakat Tidak Takut Divaksin Corona

Menurut John, dengan sistem kerja sama yang baik, juga pelatihan dan pembinaan, pendapatan daerah akan meningkat. Demikian pula dengan tingkat ekonomi serta pendapatan masyarakat dan UMKM. (*)

Penulis: Papa Rey
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya