oleh

Vaksinasi Covid-19 di Polres Toraja Utara Diserbu Warga, 1.000 Dosis Ludes

KAREBA-TORAJA.COM, RANTEPAO — Kesadaran masyarakat Toraja Utara terhadap upaya menekan laju penyebaran virus Corona dengan vaksinasi, makin tinggi. Ini bisa dilihat saat vaksinasi massal yang digelar di halaman Mapolres Toraja Utara, Sabtu, 26 Juni 2021.

Pantauan kareba-toraja.com, proses vaksinasi baru dimulai sekitar pukul 09.00 Wita namun ribuan warga, dari Kota Rantepao dan sekitarnya sudah mulai antri sejak pagi.

Sempat terjadi kerumuman karena antusiasme warga yang berebutan nomor antrian. Namun sejumlah anggota kepolisian yang bertugas berhasil memecah kerumuman dan warga kembali duduk di kursi-kursi yang disediakan Polres Toraja Utara. Proses vaksinasi berlangsung di tiga tenda besar di halaman Mapolres. Sedangkan masyarakat mengantri di jalan di depan Mapolres.

Baca Juga  Purna Bakti, 4 Perwira Polres Toraja Utara Dilepas dengan Upacara Pedang Pora

Karena antusiasme warga yang begitu tinggi sehingga 1000 dosis vaksin Sinovac yang disediakan Dinas Kesehatan Toraja Utara ludes dalam waktu kurang lebih tiga jam. Saat jarum jam menunjukkan pukul 12.30 Wita, pendaftaran ditutup karena ketersediaan vaksin sudah tidak ada. Ratusan warga yang masih setia di lokasi pun diminta pulang.

Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajati, menjelaskan bahwa vaksinasi massal ini digelar Polres Toraja Utara bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75, juga sebagai wujud bakti Bhayangkara untuk negeri yang dilaksanakan serantak secara nasional oleh jajaran Kepolisian.

Dalam pelaksanaan vaksinasi petugas yang terlibat sebagai vaksinator yaitu dari Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elisabeth Zakaria, sedangkan Personil Polres Toraja Utara secara keseluruhan diterjunkan untuk mengamankan dan menertibkan pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga  Mulai Besok, Sekolah Tatap Muka di Toraja Utara Dihentikan, Rambu Solo’ dan Rambu Tuka Masih Diizinkan

“Antusiasme masyarakat Kabupaten Toraja Utara yang ingin divaksin sejauh ini terlihat sangat tinggi, bahkan ada yang rela mengantri sejak pagi tadi. Memang  sempat terjadi kerumunan sebelum dimulainya pelaksanaan vaksinasi, namun dengan sigap Kami melakukan penertiban dalam hal tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelas AKBP Yudha.

Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elisabeth Zakaria mengatakan vaksin Sinovac yang disediakan pihaknya sebanyak 1000 dosis, habis terpakai. Dia berharap, Toraja Utara bisa dapat lagi pengiriman vaksin pada pekan depan, sehingga bisa dilakukan vaksinasi massal lagi.

“Kita berharap pekan depan ada lagi. Kami sementara upayakan agar kita mendapat pengiriman vaksin lagi dari provinsi,” katanya. (*)

Penulis: Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya