Untuk Ketujuh Kalinya Secara Berturut-turut, LKP Toraja Utara Dapat Opini WTP

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara kembali mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021. Ini merupakan opini WTP yang ketujuh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2016.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau unqualified opinion menyatakan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara mulai diperoleh sejak akhir masa jabatan Bupati Frederik Batti Sorring (Almarhum). Kemudian, selama lima tahun memimpin Toraja Utara, Bupati Kalatiku Paembonan mempersembahkan 5 kali opini WTP. Trend positif ini kemudian dilanjutkan oleh Bupati Yohanis Bassang, yang memimpin Toraja Utara sejak April 2021.

Baca Juga  One Day Trail Adventure Berlangsung Sukses, Polisi Beri Layanan Keamanan Maksimal

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021 kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dan Bulukumba dilaksanakan di Kantor BPK Sulsel, Senin, 23 Mei 2022.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang dan Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama’ menerima LHP tersebut.

“Kabupaten Toraja Utara dan Bulukumba opininya adalah Wajar Tanpa Pengecualian,” ujar Kepala BPK-RI Sulsel, Paula Henry Simatupang.

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BPK yang telah melakukan kerja-kerja profesional dengan melihat fakta-fakta laporan keuangan yang berjalan baik di Toraja Utara sehingga mendapat penghargaan WTP.

“WTP ini murni diberikan karena data laporan keuangan kita di Toraja Utara yang dianggap rapi dan tidak amburadul. Kita berharap WTP ini tetap dipertahankan, tentu apa yang masih kurang akan dibenahi dan yang sudah baik ditingkatkan lagi,” ujar Yohanis Bassang.

Baca Juga  Jelang Hari Bhayangkara ke 75, Polres Toraja Utara Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Sementara itu, Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama juga berterima kasih atas penghargaan WTP yang ketujuh kalinya diterima Toraja Utara. Nober menyebut opini WTP ini bisa tercapai berkat kerjasama semua pihak, baik eksekutif maupun legislatif.

“LHP ini akan segera kita tindaklanjuti antara eksekutif dan legislatif,” kata Nober. (*)

Penulis: Gabriel/Rls
Editor: Arthur

Komentar