oleh

Misa Kamis Putih di Toraja Dijaga Ketat Polisi Bersenjata

KAREBA-TORAJA.COM, MAKALE — Misa atau ibadah Kamis Putih di sejumlah gereja di Tana Toraja dan Toraja Utara, Kamis, 1 April 2021 sore, dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata.

Selain kepolisian, aparat TNI dan sejumlah organisasi kepemudaan, juga turut membantu mengamankan perayaan salah satu dari Pekan Suci umat Kristiani tersebut.

Pantauan wartawan, Misa Kamis Putih di Gereja Katolik Hati Tak Ternoda Santa Perawan Maria Makale, Tana Toraja, dijaga puluhan aparat gabungan Polri-TNI dan sejumlah organisasi kepemudaan, seperti PMKRI, GMKI, dan GMNI.

Pengamanan yang dilakukan bersifat terbuka dan tertutup, dimana sebagian personil mengamankan didepan pintu masuk dan didalam pelataran gereja.

Kepolisian Resor Tana Toraja menurunkan 185 personil untuk melakukan pengamanan perayaan Pekan Suci umat Kristiani, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, hingga Minggu Paskah.

Baca Juga  Ada ASN Positif Covid-19, Pemkab Toraja Utara Tunda Beberapa Kegiatan yang Melibatkan Banyak Orang

“Khusus untuk pengamanan di Gereja Katolik Makale, jumlah personil yang diturunkan sebanyak 20 dari kepolisian, dibantu rekan-rekan dari TNI,” jelas Ipda Constantinus L.W, Perwira Pengendali Pengamanan.

Tidak hanya itu saja pihak petugas gabungan melakukan pengamanan yang ketat seperti memeriksa barang bawaan para jemaat yang akan masuk ke dalam gereja untuk beribadah.

“Pemerksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan bersama. Umat juga kami ingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan,” tambah Constantinus.

Di Toraja Utara, Kepolisian Resor Toraja Utara menurunkan 191 personil untuk melakukan pengamanan di sejumlah gereja yang ada di Kota Rantepao dan sekitarnya.

“Jumlah personil yang disiagakan sebanyak 191 orang. Dari jumlah ini, 49 orang diturunkan di lokasi perayaan Kamis Putih, sisanya melakukan patroli dan siaga di Mapolsek masing-masing,” terang Paur Humas Polres Toraja Utara, Ipda Agus Martopo.

Baca Juga  Kalatiku Paembonan, Bupati yang Berani Bongkar Pertokoan Lama dan Bantaran Sungai

Pantauan wartawan di Gereja Katolik Santa Theresia Rantepao, sejumlah aparat kepolisian terlihat berjaga-jaga di sekitar lokasi gereja. Misa Kamis Putih di gereja ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Secara umum, pelaksanaan misa atau ibadah Kamis Putih di sejumlah gereja di Toraja Utara berlangsung aman dan lancar. (*)

Penulis: Arsyad Parende/JT/Desianti
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya