oleh

Kukuhkan 5 Guru Besar Sekaligus, UKI Paulus Makassar Catat Sejarah

KAREBA-TORAJA.COM, MAKASSAR — Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKIP) Makassar mengukuhkan lima Guru Besar baru, Sabtu, 12 Februari 2022.

Pengukuhan lima Guru Besar ini dilaksanakan dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Pengukuhan Guru Besar Universitas Kristen Indonesia Paulus di Ballroom Angin Mamiri Hotel Dalton Makassar.

Lima Profesor yang dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam rapat senat terbuka ini, diantaranya Prof. Dr. Agus Salim, SH, MH pada Bidang Ilmu Hukum. Prof. Dr. Apriana Toding, ST, M.Eng.Sc, Ph.D (Guru Besar Bidang Tekhnik Elektro), Prof. Dr. Ir. Melly Lukman, MS (Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil). Prof. Dr. Petrus Peleng Roreng, SE, M.Si (Guru Besar Bidang Ilmu Akuntansi), dan Prof. Dr. Yoel Pasae, ST, MT (Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Kimia).

Rektor UKI Paulus, Prof Dr. Agus Salim, SH, MH mengatakan UKI Paulus Makassar pada Sabtu, 12 Pebruari 2022 mencatat sejarah baru, dimana dalam sehari mengukuhkan lima dosen tetap yang meraih jabatan fungsional puncak, yakni Guru Besar dari beragam disiplin ilmu.

Baca Juga  Srikandi Toraja Ini Dianugerahi Predikat Profesor Termuda LLDikti Wilayah IX

Agus Salim mengatakan, pencapaian lima dosen meraih puncak tertinggi jabatan fungsional Guru Besar tersebut dijalani dalam rentang waktu 2 tahun masa tugasnya sebagai Rektor.

“Pencapaian ini tidak terlepas dari bantuan penerbitan jurnal bagi para dosen yang memang sudah bersyarat mengurus jabatan fungsional guru besar,” ujar Agus Salim.

Selain itu, lanjut Agus Salim, pihaknya gencar melakukan Bimtek dengan mendatangkan narasumber yang paham akan pengurusan dan pengisian berkas adminisstrasi jabatan fungsional (jafung).

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Pengukuhan Guru Besar Universitas Kristen Indonesia Paulus di Ballroom Angin Mamiri Hotel Dalton Makassar, Sabtu, 12 Februari 2022. (dok. istimewah).

“Capaian ini juga berkat dukungan dan motivasi setiap saat dari LLDikti IX Sultan Batara. Support LLdikti sangat menentukan dan memberi semangat bagi civitas akademika kampus,” kata Prof Agus.

Baca Juga  Mengenal Apriana Toding; Profesor Perempuan Pertama Teknik Elektro di Toraja, LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, dan Kawasan Timur Indonesia

Saat ini ada lima dosen yang sedang mengurus jabatan fungsional Guru Besar. Diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama akan turun lagi SK jabatan GB itu. Sedangkan Dosen UKI Paulus yang berpendidikan Doktor mencapai 43 orang, dari total dosen sebanyak 156 orang.

Saat ini, lanjut Agus Salim, ada 26 dosen yang sedang merampungkan jenjang studi S3 di Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga Surabaya dan Unhas. UKI Paulus mengelola 12 Program Studi, dengan 9 program strata satu serta tiga program strata dua.

Catat Sejarah

Ketua Yayasan Pendidikan Inteligensi Kristen Indonesia (PIKI) Paulus, Pdt. Yohanis Metris, M.Th, mengaku bangga atas capaian lima Profesor yang dikukuhkan menjadi Guru Besar pada Sabtu, 12 Februari 2022.

Baca Juga  UKI Paulus dan Pemkab Toraja Utara Teken Kerjasama Tri Darma Perguruan Tinggi dan Pendampingan

“Sungguh dipercaya bahwa guru besar yang dikukuhkan hari ini adalah pribadi yang terdidik dan merupakan ilmuwan yang berdedikasi tinggi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia. Karena itu kepada guru besar kita yang dikukuhkan hari ini, masyarakat luas menanti peran dan kontribusi demi peningkatan kualitas sumber daya manusia bidang pendidikan,” kata Pdt Yohanis dalam sambutannya.

Sebagai Ketua Yayasan PIKI Paulus, Pdt. Yohanis mengapresiasi kinerja Rektor UKI Paulus, Prof. Dr. Agus Salim, SH, MH atas capaiannya memimpin UKI Paulus yang dalam sejarah UKIP pertama kali mencetak lima guru besar sekaligus.

Sambutan Ketua Yayasan Pendidikan Inteligensi Kristen Indonesia (PIKI) Paulus, Pdt. Yohanis Metris, M.Th pada acara pengukuhan lima Guru Besar UKIP Makassar. (dok. istimewah).

“Bapak Rektor merupakan soso pemimpin yang selalu berjalan bersama rekan-rekannya. Terbukti bahwa beliau tidak memikirkan dirinya sendiri untuk sebuah pencapaian gelar guru besar ini tetpi melibatkan rekan-rekannya,” kata Pdt Yohanis.

Dia menyebut, UKIP Makassar adalah perguruan tinggi yang diandalkan dengan tenaga-tenaga pendidik yang berkualitas tinggi. (*)

Penulis: Desianti/Arsyad
Editor: Arthur

Komentar

Berita Lainnya